Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Pentingnya Bagikan Sample Gratis dalam Berbisnis

Kompas.com - 28/04/2024, 09:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Sebagian pelaku bisnis mungkin berpendapat bahwa membagikan sample produknya secara gratis tidak perlu dilakukan.

Hal ini tidak sepenuhnya keliru, karena memang bukan keharusan dan tidak ada paksaan bagi pebisnis untuk melakukannya.

Namun, membagikan produk gratis bisa memberikan keuntungan tersendiri. Apalagi jika sample produk gratis jdiberikan kepada orang yang tepat.

Ingin tahu mengapa membagikan produk gratis bisa mendatangkan keuntungan pada bisnis?

Dari pada penasaran, simak beberapa alasan mengapa bagi-bagi sample produk gratis sangatlah penting bagi bisnis, seperti dilansir dari Cermati.com berikut ini:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika produk baru launching dan diperkenalkan ke publik, tentunya banyak yang belum mengenal, melihat atau bahkan menggunakannya. Dengan membagikan sample gratis ke konsumen, produk tersebut bisa jadi akan langsung digunakan dan dirasakan manfaatnya.

Setelahnya, mereka akan memberikan penilaian dan akan lebih memahami produk dengan baik.

Selanjutnya konsumen tadi akan membuat keputusan, apakah ingin melakukan pembelian produk atau justru meninggalkannya. Inilah mengapa, ketika memberikan produk sample gratis, pastikan untuk menyiapkan produk yang terbaik. Agar calon konsumen bisa langsung jatuh hati dan tertarik ketika pertama kali menggunakannya.

2. Menciptakan Rasa Timbal Balik

Membagikan sample produk gratis bukanlah hal yang sia-sia dalam bisnis. Ketika memberikan produk sample ke calon konsumen, hal ini biasanya akan menimbulkan timbal balik.

Jadi meskipun konsumen kurang merasa cocok tapi tertarik dengan value produk tersebut, mereka tak akan segan untuk merekomendasikannya.

Dengan promosi mulut ke mulut inilah, produk bisnis akan mulai dikenal dan mendapatkan pelanggan. Tentunya mereka yang mendapatkan produk tersebut juga akan merasa sangat beruntung karena mendapatkan sebuah hadiah produk.

3. Mendapatkan Review dan Feedback

Sample produk yang diberikan kepada calon konsumen secara gratis tidak akan pernah menjadi sia-sia. Ini akan berbuah feedback positif untuk keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Para konsumen akan memberikan masukan terkait produk sampel tersebut secara sukarela.

Bahkan tak jarang bisa mendapatkan testimoni terkait penggunaan produk tersebut yang nantinya bisa ditampilkan di laman situs web bisnis. Belum lagi jika ternyata calon konsumen yang diberi sampel adalah influencer, blogger, vlogger, atau youtuber.

Tentunya akan semakin memberikan dampak yang sangat positif terhadap bisnis. Ini karena secara tidak langsung, review yang diberikan sama seperti mempromosikan produk tersebut. Sehingga, membuat pengikut atau viewers channel mereka merasa tertarik dan tergerak untuk membeli.

Baca juga: 10 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Hijab Online

4. Bisa Tahu Produk Potensial dan Tidak

Ketika menjual produk yang beraneka ragam jenisnya, kemungkinan cukup sulit mengetahui mana produk yang paling disukai konsumen. Dengan memberikan sampel produk gratis ke konsumen, ini bisa jadi cara ampuh untuk mengetahui produk yang paling disukai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com