Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pentingnya Mempunyai Target Pasar dalam Bisnis Anda

Kompas.com - 30/04/2024, 15:18 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Target pasar adalah kelompok konsumen yang kemungkinan besar tertarik pada produk atau layanan Anda. Banyak perusahaan mengarahkan pencarian audiens target mereka berdasarkan ciri seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, lokasi, status sosial ekonomi, dan tingkat pendidikan.

Mengetahui target pasar sangat penting untuk menciptakan bisnis yang berkembang. Bisnis harus secara khusus menentukan target pasar mereka sejak awal, bahkan sebelum memulai bisnisnya.

Baca juga: 5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis

Target pasar itu akan berdampak pada strategi pemasaran yang akan digunakan untuk bisnis Anda. Ketika Anda tahu kepada kelompok mana untuk memasarkan produk atau layanan bisnis Anda, Anda akan bisa menghemat uang, waktu, dan sumber daya.

Sebaliknya, jika Anda tak mempunyai target itu semua yang Anda keluarkan akan terbuang percuma, karena Anda melakukan pemasaran kepada konsumen yang tidak tertarik pada penawaran Anda.

Dilansir dari Business News Daily, berikut alasan mengapa sangat penting untuk mempunyai target pasar dalam bisnis Anda;

1. Penentuan Iklan, Platform, dan Konten yang akan Dipakai

Menyebarluaskan informasi tentang bisnis Anda sangat penting. Memasarkan produk Anda kepada audiens yang luas tentu juga menjadi hal yang penting.

Namun, setiap konsumen berbeda satu sama lain. Mereka berbeda dan kebutuhan atau keinginan akan sesuatu juga berbeda, sehingga beriklan kepada segmen yang tidak tepat bisa sia-sia.

Jika Anda telah mempunyai target pasar Anda, maka Anda bisa menentukan iklan apa yang sesuai, platform apa yang cocok, dan konten apa yang membuat mereka dapat tertarik.

Baca juga: 5 Langkah Menembus Target Pasar, Pelaku Usaha Baru Wajib Tahu

Misalnya, produk bisnis Anda adalah obat untuk sendi atau tulang, lalu target Anda adalah orang tua di atas umur 40 tahun-an. Anda membuat konten trendy yang menggunakan warna-warna pastel dan mempublikasikannya di media sosial.

Apakah itu hal yang tepat? Apakah pemasaran Anda sampai kepada mereka? Jawabannya adalah belum tentu dan lebih besar kemungkinannya pada ‘tidak’. Maka dari itu menentukan target pasar merupakan hal yang krusial bagi strategi pemasaran bisnis Anda.

2. Pengalokasian Sumber Daya yang Efisien

Salah satu manfaat utama memiliki target pasar yang jelas adalah kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya Anda dengan efisien. Mengalokasikan lebih banyak waktu dan sumber daya ke suatu wilayah, demografi, atau kelas pembeli yang lebih cenderung membeli produk Anda akan membantu Anda mengalokasikan anggaran pemasaran Anda dengan efektif.

Hal ini membantu menghindari pemborosan waktu dan uang pada upaya pemasaran yang tidak relevan atau tidak efektif. Jadi anggaran yang Anda punyai bisa keluar dengan efisien dimana dampaknya juga akan terasa dan tidak terbuang sia-sia.

3. Meningkatkan Peluang Pertumbuhan Bisnis

Dengan memahami siapa target pasar Anda, Anda juga dapat mengidentifikasi dan meningkatkan peluang pertumbuhan baru. Misalnya, Anda dapat menemukan segmen pasar yang belum dieksplorasi atau kebutuhan yang belum terpenuhi yang dapat Anda tangani dengan produk atau layanan baru.

Baca juga: Penting untuk Tentukan Target Pasar di Media Sosial, Simak Lima Caranya

Dengan fleksibilitas untuk menyesuaikan strategi bisnis Anda sesuai dengan perubahan di pasar, Anda dapat tetap menjadi bisnis yang relevan dan berkembang di Tengah persaingan yang ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com