Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Membuat Desain Website Bisnis untuk Pengusaha Pemula

Kompas.com - 06/06/2024, 16:06 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tidak hanya media sosial, sarana branding bisnis bisa kamu lakukan melalui website. Biasanya website bisnis memuat informasi produk terbaru, profil bisnis, bahkan hingga sejarah pendirian bisnis secara singkat. 

Supaya website bisnis memiliki pembaca, tentu harus ada unsur website yang bisa menarik hati konsumen. Mulai dari kualitas informasi, tidak banyak kesalahan ketik, nyaman untuk dibaca, dan loading-nya tidak terlalu lama. Desain website yang menarik juga bisa memengaruhi reputasi bisnismu. 

Oleh karena itu, sebagai pebisnis pemula kamu perlu tips untuk membuat website bisnis yang menarik dan nyaman dibaca konsumen. Tips tersebut bisa kamu simak dalam artikel berikut yang telah dilansir dari business.com

Baca juga: Berencana Buat Website Bisnis? Pahami Ini agar Tampilan Menarik

Buat Perencanaan Isi Website

Sebelum mulai membuat desain website, kamu perlu menyusun rencana konten-konten yang akan dimuat dalam website bisnismu. Hal ini diperlukan supaya desain website bisa menyesuaikan dengan konten yang akan disajikan.

Kamu bisa membuat rencana konten mulai dari riset minat konsumen, target pembaca, tipe pembaca, dan strategi menarik minat pengunjung website untuk membeli produkmu. Setelah menentukan empat hal tersebut, barulah kamu membuat konten yang cocok dengan rencanamu.

Misalnya, jika target pembacamu adalah kalangan anak muda, maka buatlah tulisan yang lebih santai dengan bahasa yang tidak kaku. Jadi, perbedaan target akan memengaruhi cara menuliskan informasi dalam website bisnis. 

Baca juga: Pakai Desain Minimalis untuk Website Bisnis? Ini 4 Keuntungannya

Kurangi Elemen yang Tidak Perlu

Hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam website bisnis adalah kenyamanan konsumen dalam membaca informasi. Mereka harus dapat menerima isi konten dengan baik tanpa adanya banyak distraksi. Seperti iklan dan gambar yang tidak perlu.

Maka dari itu, kamu bisa membuat website dengan seminimalis mungkin. Jangan gunakan terlalu banyak elemen yang bisa membuat konsumen kurang nyaman membacanya. Fokuslah dengan isi konten dan maksimalkan kualitasnya.

Isi konten yang berkualitas juga akan membuat konsumen merasa nyaman dalam membaca dan meningkatkan reputasi bisnismu. Apabila terlalu banyak elemen konsumen merasa terganggu dan menurunkan minat mereka.

Baca juga: 5 Cara Menaikkan Traffic Website Usaha Anda

Tambahkan Informasi Media Sosial

Agar lebih informatif, kamu bisa menambahkan media sosial bisnismu. Jika kamu memiliki Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya, kamu bisa sertakan username media sosial tersebut dalam laman website

Hal ini diperlukan supaya nantinya konsumen bisa menghubungi bisnismu jika mereka memiliki pertanyaan terkait informasi yang disampaikan dalam website. Jadi kamu akan memudahkan konsumen dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com