Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama APRIL Group, Krealogi Tingkatkan Kapasitas UMKM di Riau

Kompas.com - 03/12/2022, 17:39 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - APRIL Group dan Krealogi berkolaborasi untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Provinsi Riau melalui program "SEMARAK".

Direktur Komunitas dan Kemitraan Krealogi oleh Du Anyam Hanna Keraf menuturkan, program ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing UMKM untuk terus menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program ini sendiri telah dimulai pada 24 Maret 2022. Sejumlah UMKM tercatat telah mendapatkan dampak positif dari inisiatif SEMARAK ini, salah satunya adalah peningkatan pendapatan per bulan hingga 40 persen dengan optimalisasi channel penjualan melalui e-commerce.

Baca juga: 5 Keuntungan Bisnis Anda Tercatat di Google Maps

"Perkembangan positif dari program SEMARAK ini tidak hanya berdampak pada peningkatan pendapatan UMKM, namun juga literasi digital dalam memanfaatkan e-commerce sebagai channel bisnis dan pengembangan bisnis yang lebih berkelanjutan," kata Hanna Keraf, selaku dalam keterangan resminya, Sabtu (3/12/2022).

Hanna menuturkan bahwa kolaborasi dengan APRIL Group merupakan bukti nyata kemitraan yang solid untuk pengembangan ekonomi lokal melalui industri kecil menengah.

Program pendampingan SEMARAK ini diberikan kepada 30 pelaku usaha mikro. Dari keseluruhan peserta, sebanyak 80 persen merupakan perempuan yang berasal dari empat kabupaten yang menjadi area wilayah kerja APRIL Group di Riau, yakni Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, dan Kepulauan Meranti.

Direktur Utama RAPP Sihol Aritonang menuturkan, pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan Krealogi dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM.

Baca juga: 5 Keuntungan Bisnis Anda Tercatat di Google Maps

"Ini berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan dengan demikian, menyumbang pada penanggulangan kemiskinan di sekitar wilayah operasional APRIL,” ujar Sihol Aritonang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com