Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Strategi Free Trial untuk Bisnis, Apa Saja?

Kompas.com - 20/06/2023, 19:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar pelanggan tentu tak ingin mengeluarkan uang untuk produk yang belum tentu sesuai dengan keperluannya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menerapkan strategi free trial. Menurut Chargebee, free trial merupakan model menarik konsumen saat menawarkan sebuah produk atau layanan secara gratis dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan hal ini dilakukan supaya memberikan waktu ke calon pelanggan untuk mengetahui suatu produk atau layanan. Kemudian, calon pelanggan akan menentukan apakah ia akan membelinya atau tidak.

Tidak hanya itu, free trial juga mempunyai sejumlah manfaat besar untuk bisnis. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan free trial yang harus kamu ketahui seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: 7 Tips Melakukan Flash Sale, Salah Satunya Memilih Momen yang Tepat

1. Meningkatkan conversion rate

Dengan melakukan free trial, kamu bisa memperlihatkan ke calon pelanggan bahwa produk yang dijual mampu memenuhi keperluan dan mengurangi keraguannya. Maka dari itu, hal ini bisa meningkatkan conversion rate kamu.

Conversion rate merupakan persentase efektivitas halaman bisnis untuk menarik pelanggan melakukan aktivitas, apakah aktivitas itu melakukan transaksi atau tidak.

2. Mengoptimalkan kepuasan pelanggan

Pelanggan bisa merasa lebih puas apabila mereka dapat mengetahui bahwa produk yang akan dibelinya dapat memenuhi beragam keperluannya.

Dengan free trial, memungkinkan pelanggan mencoba produk lebih dulu sebelum membelinya. Hal ini tentu bisa memastikan kepuasan mereka di kemudian hari.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Simak Cara Berikut Ini

3. Memungkinkan pelanggan untuk mencoba sebelum membeli

Sekarang ini, terdapat banyak pilihan produk yang membuat pelanggan merasa kesulitan dalam membuat keputusan ketika ingin membeli produk

Dengan adanya free trial yang memungkinkan pelanggan mencoba produk sebelum membelinya, hal ini bisa memudahkan pelanggan membuat keputusan pembelian.

4. Memperlihatkan kepercayaan dirimu pada produk

Selanjutnya, menggunakan free trial bisa memperlihatkan bahwa kamu percaya diri terhadap produkmu. Apabila kamu mengetahui bahwa produk bisa mengatasi masalah yang dirasakan target audiens, maka kamu harus menunjukkan hal itu kepada mereka.

Baca juga: Jangan Sampai Rugi! Ini Tips Penting untuk Menghitung Diskon

Dengan free trial yang menyampaikan kepercayaan diri kamu ke audiens, hal ini mampu meningkatkan rasa percaya diri mereka terhadapmu.

5. Peluang mendapatkan feedback

Free trial juga bisa dijadikan kesempatan untuk memperoleh feedback secara langsung dari pelanggan. Pastinya, feedback tersebut menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan produkmu dari waktu ke waktu.

Meskipun pelanggan yang melakukan free trial belum tentu membeli produkmu, tetapi feedback dari mereka bisa membuat produkmu menjadi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com