Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Mempertahankan Pelanggan Setia ala Owner Bisnis Hampers

Kompas.com - 27/03/2024, 17:33 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bisnis hampers bisa dibilang termasuk bisnis musiman. Akan menjadi sangat kompetitif saat memasuki momen-momen hari keagamaan seperti Natal, Imlek, ataupun Ramadhan dan Idul Fitri.

Hal tersebut membuat kehadiran loyal customer atau pelanggan setia sangat penting bagi bisnis-bisnis hampers di luar sana.

Memahami fakta itu membuat Syanty Yunita, pemilik bisnis hampers homewares (peralatan rumah tangga) bernama Mamasan Co, berfokus menjaga pelanggan setianya, baik korporat maupun perorangan.

Pelanggan setia diklaim lebih penting untuk keberlangsungan bisnis. Namun, Syanty juga tak tertutup mencari pelanggan-pelanggan baru.

Baca juga: Cerita Syanty Bisnis Hampers, Padukan Produk Homewares dan Kue Kering

Bagi kamu yang menjalankan bisnis hampers atau bisnis musiman lainnya, Syanty membagikan beberapa strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Mamasan Co;

1. Memberikan Service Terbaik

Bisnis itu tidak hanya tentang produk. Pelayanan pelanggan juga memainkan peran penting dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

Customer suatu bisnis bervariatif, memiliki latar belakang dan sifat yang berbeda-beda. 

Syanty dan timnya di Mamasan Co, selalu siap memberikan pelayanan yang ramah dan responsif kepada setiap pelanggan tanpa terkecuali.

Mereka dengan cepat menanggapi pertanyaan, masukan, atau keluhan pelanggan, sehingga pelanggan merasa dihargai dan didengar.

2. Ketepatan Pengiriman

Ketepatan pengiriman tanpa salah lokasi ataupun keterlambatan adalah salah satu cara Mamasan Co mempertahankan pelanggan setianya.

Jika salah dalam pengiriman, pelanggan akan menilai, bahwa bisnis Anda kurang profesional.

Syanty juga menyediakan fasilitas pengiriman sameday (satu hari sampai), untuk memenuhi permintaan pelanggan yang ingin hampersnya sampai di hari yang sama.

3. Menerima Request Custom dari Pelanggan

Ide desain, konsep, dan packaging memang sudah dipikirkan dan disiapkan oleh Mamasan Co. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bagi pelanggan untuk bisa custom atau request sesuka hatinya.

Memberikan hampers kepada orang lain merupakan hal yang istimewa. Tak jarang customer lebih tahu karakter orang yang akan dikirimi hampers, sehingga ide dari customers selalu diterima secara terbuka. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Loyal Customer Ala Pemilik Bisnis Bakery

4. Berikan Diskon atau Potongan Harga

Mamasan Co berada di semua platform, media sosial hingga e-commerce. Hal ini dilakukan agar lebih dekat dengan pelanggan.

Di e-commerce sekarang ramai fitur live shopping yang seringkali mengadakan diskon atau potongan harga.

Mamasan Co pun juga melakukannya, agar para customersnya bisa mendapatkan diskon dan potongan harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com