Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memberi Reward kepada Pelanggan Setia

Kompas.com - 08/08/2023, 09:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sebuah bisnis, pelanggan memiliki posisi penting yang dapat membantu kesuksesan bisnis Anda.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, apalagi pelanggan setia yang selalu ada sejak awal Anda merintis bisnis.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan setia adalah memberikan penghargaan atau reward.

Baca juga: 5 Aspek Kunci Mengoptimalkan Pengembangan Bisnis, Salah Satunya Reward

Selain untuk memertahankan kesetiaan pelanggan, memberi reward juga menjadi salah satu strategi marketing dalam bisnis.

Lalu, apa saja bentuk reward yang bisa diberikan kepada pelanggan? Berikut adalah beberapa cara memberikan reward untuk para pelanggan setia.

1. Berikan akses eksklusif

Salah satu cara untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan setia adalah dengan memberikan sesuatu yang eksklusif kepada mereka.

Ini bisa dengan memberikan mereka akses awal ke produk baru yang belum diluncurkan secara resmi kepada orang lain. Atau bisa juga dengan menawarkan layanan baru yang belum terbuka untuk masyarakat umum.

Misalnya, jika bisnis Anda di bidang kecantikan, Anda bisa memberikan akses awal saat kan meluncurkan produk lipstick terbaru, sehingga pelanggan setia Anda bisa mendapatkannya lebih dulu disbanding orang lain.

Dengan membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari sesuatu yang eksklusif, bisa sangat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan Anda.

2. Minta umpan balik dari pelanggan

Semua orang senang dimintai pendapat. Sebagai penggemar bisnis Anda, pelanggan Anda akan memberikan masukan yang dapat membantu Anda dalam menentukan layanan baru yang akan diluncurkan, item menu yang akan diperkenalkan, atau taktik pemasaran yang akan dicoba.

Kirimkan survei kepada pelanggan setia Anda untuk menanyakan pendapat mereka. Pastikan untuk menjelaskan bahwa Anda bertanya kepada mereka, karena mereka adalah pelanggan yang berharga.

Anda juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan secara langsung atau menyiapkan kuesioner untuk mereka isi saat mereka mengunjungi toko Anda berikutnya.

Apa pun cara Anda meminta umpan balik, pastikan Anda menanggapi masukan mereka dengan serius.

Jika mereka meluangkan waktu untuk memberikan masukan kepada Anda, Anda bertanggung jawab untuk memerhatikan saran mereka.

Baca juga: Lazada Beri Penghargaan untuk 12 Penjual Inspiratif, Ini 3 Kisahnya...

3. Undang pelanggan ke acara khusus

Sama halnya dengan memberikan akses eksklusif kepada pelanggan ke produk baru, mengundang pelanggan ke acara khusus dapat menjadi cara yang bagus untuk menyebarkan niat baik yang positif dan membuat orang membicarakan bisnis Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com