Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Usaha Kerajinan Tangan, Salah Satunya Manfaatkan Daur Ulang

Kompas.com - 22/12/2023, 17:03 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kerajinan tangan merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan di mana saja. Hal ini didasari karena kerajinan tangan tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang mahal.

Selain itu, kerajinan tangan juga dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan memiliki keterampilan dan kreativitas yang memadai.

Tak heran jika kerajinan menjadi salah satu peluang usaha menjanjikan yang dpilih banyak orang.

Baca juga: Kisah Jefri Wardana Merintis Usaha Kerajinan dari Bambu, Berawal sebagai Sampingan

Sebelum memulai usaha kerajinan tangan, biasanya orang-orang akan mencari ide dan inspirasi, agar mereka dapat menghasilkan produk kerajinan yang sesuai dengan minat.

Pencarian ide dan inspirasi dapat kamu lakukan secara online dengan melihat berbagai situs kerajinan, atau menggali berbagai informasi dari internet.

Buat kamu yang tertarik dengan usaha dari kerajinan tangan, simak lima ide usaha berikut yang bisa kamu coba.

1. Kerajinan dari Clay

Untuk memulai usaha kerajinan dengan bahan dasar clay, kamu sebaiknya mencari tahu lebih lanjut mengenai ragam jenis clay, teknik pembuatan kerajinan yang benar, hingga cara merawat produk hasil akhirnya.

Atau, kamu bisa menggunakan bahan keramik bekas untuk menciptakan produk baru seperti vas bunga, piring wadah, atau dekorasi rumah lainnya.

Jika kamu menggunakan keramik bekas sebagai bahan dasar, kamu telah mengambil aksi untuk menekan limbah keramik dan menawarkan produk unik dengan sentuhan ekologi.

Baca juga: Kiat Bisnis Kerajinan dari Tanah Liat, Bisa Tembus Pasar Luar Negeri

2.Produk Rajutan atau Crochet

Membuat produk rajutan dapat menghasilkan banyak jenis kreasi, misalnya tas jinjing, bucket hat, produk pakaian, dan berbagai aksesoris yang memiliki berbagai motif dan ukuran.

Hasil produk rajutan memiliki nilai estetika yang tinggi, ramah lingkungan, dan menjadi tren di kalangan muda-mudi saat ini.

Tampilannya yang unik dan bisa disesuaikan dengan keinginan pembuat ataupun pembeli, menjadikan harga jual produk rajutan lebih mahal dibandingkan dengan produk non rajut.

Agar dapat menyesuaikan dengan harga jual yang tinggi, kamu juga harus memerhatikan kualitas dan jenis bahan, serta mempertimbangkan tingkat kerumitan dari pola produk yang dihasilkan.

Baca juga: 4 Tips Sukses Bagi Pelaku Kerajinan Tangan ala Hanna Keraf, Founder Du Anyam

3. Kerajinan Kayu Minimalis

Jika kamu mau, kamu bisa menghasilkan produk seperti perabotan rumah tangga, lampu, atau aksesori dari kayu dengan desain minimalis.

Dengan desain yang simpel namun elegan, memiliki daya tahan tinggi, ini akan cocok untuk berbagai interior rumah ataupun pemanis sudut-sudut ruang di dalam rumah maupun kantor.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com