Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Seorang Pengusaha Harus Selalu Mengembangkan Produk

Kompas.com - 22/06/2024, 17:08 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum membuat produk, seorang pebisnis biasanya sudah menemukan target pasar yang sesuai serta strategi promosi yang akan dilakukan. Pada akhirnya, perencanaan yang matang tersebut berhasil dan produk laku dijual di pasaran. 

Namun, zaman terus berubah dan produk yang dijual juga perlu pengembangan. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan minat pasar. Selain itu, beberapa konsumen menginginkan pengembangan produk agar lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tak hanya itu, ada beberapa alasan lain seorang pebisnis harus selalu mengembangkan produk mereka. Supaya kamu lebih yakin, kamu bisa menyimak artikel berikut yang dilansir dari business.com

Baca juga: 3 Hal Dasar yang Harus Diketahui Pebisnis Sebelum Menjual Produk

Perlu Berbeda dari yang Lain

Agar bisnismu memiliki sisi unik yang menarik perhatian, kamu perlu membuat produk yang berbeda dari lainnya. Seiring berjalannya waktu, akan ada bisnis lain yang menyamai produk buatanmu. 

Maka dari itu, kamu perlu untuk mengembangkan produk atau melakukan inovasi baru. Jika tidak melakukan pengembangan, produkmu akan stuck dan tidak bisa mengikuti minat pasar. Lama-lama, produkmu akan kehilangan konsumen dan tidak berlanjut produksinya. 

Agar Tidak Kehilangan Loyalitas Pelanggan

Konsumen biasanya menyukai produk yang unik dan tidak memiliki banyak kesamaan dengan produk lainnya. Beberapa dari mereka juga berlangganan produk untuk jangka waktu tertentu. Bahkan, mereka juga setia memantau produk-produk baru yang diluncurkan. 

Baca juga: 3 Tips Menggunakan Cross Selling untuk Menjual Produk

Karena konsumen lebih memilih produk yang unik, kamu harus tetap menjaga keunikan tersebut. Kamu bisa selalu mengembangkan produk dengan mendengarkan permintaan dari para konsumen. 

Selain itu, kamu bisa mendapatkan referensi pengembangan produk dari media sosial untuk memantau tren produk yang sedang berlangsung. Dengan demikian, kamu akan bisa selalu menyesuaikan minat pasar dan tidak kehilangan loyalitas pelanggan. 

Meningkatkan Brand Awareness

Setiap pebisnis pasti memiliki keinginan untuk membuat produknya dikenal oleh lebih banyak orang. Banyak cara yang dilakukan untuk membangun branding, seperti mempromosikan melalui media sosial, membuat konten, serta branding melalui produk. 

Baca juga: 3 Cara Mengelola Inventaris Produk Bisnis Anda

Jika kamu adalah orang yang membangun branding melalui produk, sebaiknya kamu perhatikan aspek pengembangan dan inovasi produk. Cobalah terus mengembangkan produk yang unik agar bisnismu lebih mudah untuk dikenal. 

Tidak hanya melalui produk, kamu juga bisa menyebarkan pengembangan produk terbarumu melalui media sosial. Buatlah audiens merasa tertarik dan berkenan untuk mencoba produk yang telah kamu kembangkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau