Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis Digital Printing, Salah Satunya Suvenir

Kompas.com - 06/06/2023, 13:11 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Di zaman serba digital sekarang ini, banyak hal dilakukan dengan menggunakan teknologi.

Salah satunya adalah inovasi di dunia percetakan, yakni digital printing. Digital printing merupakan teknik percetakan berbasis digital, yang dituangkan ke dalam beragam media dengan rangkaian tindakan secara instan dan cepat.

Berangkat dari hal itu, bisnis digital printing mempunyai peluang besar. Apalagi, digital printing juga mempunyai banyak kelebihan seperti menghemat tenaga kerja dan waktu.

Tak heran, jika kini semakin banyak pelaku usaha yang tertarik membangun bisnis digital printing.

Bagi kamu yang tertarik memulai bisnis digital printing, berikut ini beberapa ide bisnis digital printing yang bisa jadi pilihan.

Baca juga: 4 Langkah Persiapkan Bisnis Sablon Kaos

1. Case handphone

Sebagai alat komunikasi utama, saat ini hampir semua orang memiliki handphone atau ponsel.

Untuk menghindari handphone terkena goresan atau bahkan pecah saat terjatuh, banyak orang menggunakan case handphone untuk melindunginya.

Untuk menambah nilai keindahan dan keunikan, ada pemilik handphone yang lebih suka memilih case dengan berbagai tulisan ataupun gambar.

Tulisan dan gambar tersebut bisa dibuat dengan memanfaatkan digital printing.

Kamu bisa membuat desain tulisan atau gambar yang unik dan kekinian. Bahkan, kamu bisa menawarkan membuat desain case handphone sesuai keinginan pelanggan.

Dengan begitu, digital printing case handphone bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan cuan.

2. Suvenir

Suvenir bisa jadi ide bisnis digital printing yang layak dipertimbangkan. Pasalnya, kini banyak orang memberikan suvenir untuk berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, perpisahan sekolah, hingga hari jadi perusahaan.

Suvenir biasanya hadir dalam bentuk bervariasi, misalnya tumblr, payung, mug, tas, dan lainnya, yang kemudian tampilannya dibuat lebih menarik dengan desain menggunakan digital printing.

Melihat banyaknya acara dan momen yang membutuhkan suvenir, bisnis digital printing suvenir berpeluang menjadi bisnis yang bertahan dan menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga: Bisnis Percetakan Digital, Tips Sukses dan Ide Produknya

3. Stiker

Stiker menjadi salah satu produk printing yang sangat laris di pasaran, karena bisa dimanfaatkan di beragam media. Tak heran jika stiker selalu menjadi salah satu produk unggulan di bisnis printing.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com