Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Membuka Usaha Toko Bangunan, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Kompas.com - 26/06/2023, 15:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membuka usaha toko bangunan tidak lah mudah untuk dilakukan. Namun, apabila kamu ingin memperoleh keuntungan yang besar, tak ada salahnya untuk mencoba.

Lantaran, material bangunan memerlukan modal dan perencanaan yang komprehensif supaya tidak berhenti di tengah jalannya bisnis.

Bahan material yang memiliki peran penting untuk pembangunan tentu akan memperoleh keuntungan yang tak ada hentinya. Hal ini disebabkan karena pembangunan di Indonesia terus ada dan meningkat.

Tak hanya itu saja, banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari membuka usaha toko bangunan, seperti berikut ini.

Baca juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Toko Bangunan

1. Banyak yang memerlukan

Pada dasarnya, setiap manusia bertahan hidup di dalam rumah. Rumah membutuhkan materialnya seperti keramik, kabel listrik, keran, dan lainnya yang merupakan bagian penting yang ada di dalam kebutuhan rumah.

Apabila alat-alat tersebut tidak ada, maka dipastikan kehidupan sehari-hari terasa lebih sulit dan hidup menjadi kurang nyaman.

Oleh karena itu, membuka usaha toko bangunan sama seperti membantu banyak masyarakat untuk memenuhi sandangnya, yakni tempat tinggal.

2. Bahan tidak mudah kadaluarsa

Bahan bangunan tak seperti makanan yang biasanya mempunyai tenggat waktu untuk aman dikonsumsi. Apabila makanan sudah melewati batas waktu penjual harus membuangnya supaya tidak dikonsumsi pelanggan karena telah kadaluarsa.

Baca juga: Cerita Wie Liong Usaha Toko Bangunan, Bermodal Awal Rp15 Juta

Hal tersebut, tentu membuat kerugian pada penjual. Modal yang dikeluarkan tak akan kembali lagi.

Oleh karena itu, dengan menjual bahan material bangunan tidak akan mengalami risiko tersebut karena tidak ada beban penyusutan pada nilai produk.

3. Memperoleh laba yang besar

Membuka usaha toko bangunan, memang tidak seperti menjual bahan makanan yang kemungkinan besar dibeli setiap hari oleh pelanggan.

Akan tetapi, beragam produk yang dijual di toko bangunan mempunyai laba yang tinggi, sehingga saat pelanggan membelinya maka keuntungan yang diperoleh cukup besar.

Meskipun tidak dibeli setiap hari oleh pelanggan, laba usaha akan selalu ada, apalagi jika usaha sudah dikenal banyak orang.

Baca juga: UMKM di NTB Manfaatkan Sisa Pembakaran Batu Bara untuk Bahan Bangunan

4. Harga produk tidak mudah turun

Keuntungan selanjutnya, harga bahan bangunan lebih stabil dibandingkan bahan makanan yang harganya terkadang melonjak naik atau turun.

Memang harga barang di setiap toko bangunan berbeda, ada yang harganya lebih marah dan lebih murah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com