Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Semakin Banyak Penghasilan Masyarakat Desa Bersumber dari Platform Digital

Kompas.com - 26/07/2023, 08:23 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat di perdesaan semakin banyak yang memanfaatkan platform digital sebagai sumber penghasilan utama. Bahkan, penghasilan dari platform digital lebih menjanjikan ketimbang pendapatan dari sektor pekerjaan tradisional.

Hal itu terungkap dalam riset bertajuk "Mata Pencaharian Melalui Platform di Perdesaan: Studi Mengenai Penggunaan Platform Digital di Perdesaan Indonesia (PLRS)” yang dilakukan oleh DFS Lab dan RISE Indonesia, serta Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Stephen Deng, Partner DFS Lab memaparkan bahwa ekonomi digital telah mengubah cara orang di perdesaan dalam mencari nafkah.

Baca juga: Forum Dialog Kebijakan Regional, KemenKopUKM Bicara Model Ekonomi Sirkular

 

"Dalam ekonomi digital ini, 1 dari 5 orang Indonesia telah berpartisipasi dalam mata pencaharian digital melalui platform besar dan pemain yang lebih kecil,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (25/7/2023).

Stephen Deng menjelaskan, peran platform digital semakin penting terhadap perekonomian masyarakat desa. Karenanya, diperlukan upaya untuk menunjukkan  bagi pengusaha untuk bergabung dalam platform digital, serta upaya memformalkan usahanya agar usaha mereka dapat tumbuh berkelanjutan.

Sementara itu Founder & Director RISE Indonesia Caroline Mangowal dalam paparannya menjelaskan bahwa perkembangan platform ekonomi digital bagi masyarakat perdesaan saat ini semakin pesat, sehingga dapat memberikan peluang mata pencaharian bagi masyarakat.

"Platform e-commerce dan social commerce tidak hanya memfasilitasi peralihan dari pekerjaan lain, tetapi juga menciptakan peluang mata pencaharian baru bagi individu perdesaan yang sebelumnya tidak pernah bekerja, terutama perempuan, pemuda, dan individu dengan tingkat pendidikan rendah," jelas dia.

Baca juga: Wangi Oza Tea Menguar hingga Benua Afrika

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Industri Kreatif Airlangga Hartarto, menuturkan bahwa saat ini Indonesia tengah berada di garis terdepan transisi ekonomi digital.

"Peranan ekonomi digital semakin signifikan dalam membentuk cara masyarakat mencari pekerjaan, menjual barang dan jasa, serta mencari nafkah. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi landasan penting dalam komitmen pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) serta mendorong digitalisasi dan inklusi keuangan lebih lanjut di wilayah pedesaan Indonesia,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com