Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahkan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, GoTo Gandeng Ratusan UMKM Lokal

Kompas.com - 13/08/2023, 09:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), ekosistem digital terbesar di Indonesia turut memeriahkan perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo pada 10-13 Agustus 2023, dengan mengajak ratusan UMKM lokal bergotong royong mendorong pemberdayaan UMKM.

Aktivitas gotong royong ini terdiri dari pelatihan di GoTo UMKM center Solo Technopark, GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo, hingga live shopping dari Tokopedia Play yang digelar di area Pamedan Mangkunegaran, Solo.

Salah satu pelatihan yang digelar oleh GoTo adalah sosialisasi manfaat serta cara mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal, di mana keduanya sangat penting dimiliki setiap pelaku UMKM, sebagai identitas dan legalitas, agar nantinya tidak ada konsumen yang meragukan kualitas produk.

Baca juga: Libatkan 300 UMKM, UMKM Nasional Expo Digelar di Solo

Sementara itu, "GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo" menghadirkan berbagai mitra usaha GoFood dari berbagai jenis makanan dan minuman khas Solo.

Sedangkan live shopping Tokopedia Play menjadi kesempatan untuk mempromosikan berbagai produk griya, skincare, fesyen, dan kuliner Solo.

Menariknya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyempatkan diri ikut langsung dalam acara live shopping Tokopedia Play, yang disambut antusias oleh masyarakat dan membuat beberapa produk sold out dalam waktu singkat.

Mengangkat tema ‘Transformasi UMKM Masa Depan’, Hari UMKM Nasional 2023 menjadi momen penguatan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri untuk memberdayakan UMKM, khususnya di era pemulihan ekonomi.

Baca juga: Menkop-UKM Ramaikan Live Shopping Tokopedia dan Ajak Flexing Produk Lokal

GoTo hadirkan inovasi untuk UMKM

Melissa Siska Juminto, Direktur, Presiden E-Commerce GoTo mengatakan, ekosistem GoTo hadir bagi UMKM, untuk terus tumbuh dan berkembang, terlebih di masa pemulihan ekonomi.

“Melalui unit bisnis kami, On-Demand Service, E-commerce, dan Fintech, GoTo akan terus menghadirkan inovasi untuk mengantisipasi kebutuhan pelaku UMKM, di setiap fase perkembangan bisnis mereka,” ujar Melissa di Solo, Sabtu (12/8/2023).

Dengan aksi serius GoTo, Teten mengapresiasi setiap langkah GoTo dalam memberdayakan UMKM nasional, melalui berbagai inisiatif teknologi maupun program.

Menurutnya, hal ini juga membantu meningkatkan semangat para pelaku UMKM nasional, termasuk para juara lokal, untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi.

Lebih lanjut Ia mengungkap, hingga saat ini ada 22 juta UMKM yang sudah onboarding dan angka tersebut akan terus meningkat, seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

“Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas," pungkas Teten.

Baca juga: Jalankan Program Entrepreneur Hub, Kemenkop UKM Beri Pelatihan ke UMKM di Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com