Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Sukses Bisnis Event Organizer

Kompas.com - 05/09/2023, 09:30 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com – Di zaman sekarang banyak orang atau organisasi yang menggunakan jasa Event Organizer atau EO untuk mengatur berbagai kepentingan acara mereka.

Event Organizer merupakan layanan jasa yang bergerak di bidang pagelaran acara. Mulai dari acara kecil, menengah dan acara yang berskala besar. EO akan membuat konsep acara, seperti penyusunan run down dan juga susunan tim yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan dan keuntungan yang besar. Pasalnya, sebagian orang lebih memilih menggunakan jasa EO agar lebih praktis dan efisien jika acara mereka ditangani oleh orang-orang yang sudah ahli di bidangnya.

Baca juga: 8 Ide Kemasan Menarik untuk Bisnis Makanan Ringan

Nah, bagi Kamu yang berminat atau sedang menjalankan bisnis EO, berikut kunci sukses seperti yang dirangkum dalam Buku berjudul Sukses bisnis Modal Dengkul karya Miftahul A’la.

1. Modal

Bisnis EO membutuhkan modal yang besar dan juga memiliki resiko yang besar. Namun, semakin banyak yang menggunakan jasa kamu, maka keuntungan yang kamu dapatkan semakin besar.

Kamu dapat memulai bisnis ini dengan perkiraan modal sebesar Rp 10 juta. Modal tersebut nantinya kamu gunakan untuk mengurus perizinan, pembelian alat kerja, dan biaya marketing.
Selain itu, bisnis ini juga membutuhkan modal berupa pengalaman yang kompeten di bidangnya.

Baca juga: 4 Ide Usaha dari Hobi Melukis yang Bisa Mendulang Cuan

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu belum berpengalaman, kamu dapat bergabung atau bekerja dahulu di perusahaan EO untuk mendapatkan pengalaman.

2. Manfaatkan Relasi

Kamu dapat mengembangkan usaha ini dengan mengajak beberapa teman atau relasimu untuk bergabung dengan bisnis EO yang kamu jalankan. Bisnis ini membutuhkan tim yang solid karena dalam menjalankan usaha ini kamu tentunya membutuhkan banyak keterampilan.

Namun, tim yang solid dan dapat bekerja dengan kemampuan yang maksimal membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu harus pintar memilih dan juga sabar dalam membangun sebuah tim yang solid.

Baca juga: Kisah Katijan asal Wonogiri, Dulu Pegawai Restoran Mi Ayam, Kini Punya Usaha Mi Ayam Sendiri

3. Tawarkan Konsep yang Menarik

Sebuah konsep dapat menjadi gambaran kualitas acaranya. Semua ini tergantung pada tingkat kreativitas yang kamu miliki.

Kamu harus mengkonsep ide acara, pengutaraan pada penyelenggara acara, hingga relasi dibutuhkan untuk kemulusan acara. Gunakan ide kreativitasmu untuk membuat konsep acara semenarik mungkin dan tentunya sesuai dengan konteks acaranya.

4. Minta Umpan Balik

Kamu harus mendengarkan para keluhan dan kemauan klien atas projek yang kamu tangani. Dengan adanya umpan balik dari klien kamu, ini dapat menjadi evaluasi untuk bisnis mu agar dapat lebih baik lagi kedepannya.

Baca juga: Kisah Sukses Soto Segeer Hj. Fatimah, dari Kaki Lima hingga Punya 14 Cabang

5. Terus Inovasi

Teruslah berusaha untuk melakukan inovasi, terlebih lagi bisnis EO ini memerlukan ide yang unik, inovatif, serta menarik. Dengan melakukan inovasi setidaknya kamu sudah satu langkah di depan kompetitormu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com