Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Dasar Memulai Bisnis Studio Foto, Cocok Untuk Pemula

Kompas.com - 04/10/2023, 17:31 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berfoto bagi masyarakat masa kini bukanlah hal yang mahal ataupun mewah, karena studio foto sudah semakin menjamur dan menyediakan jasa dengan harga yang semakin terjangkau.

Memulai bisnis studio foto dapat menjadi langkah yang menarik, tetapi juga menuntut persiapan yang baik.

Untuk itu, coba simak lima tips dasar untuk memulai bisnis studio foto berikut ini.

1. Rencanakan dengan Matang

Sebelum membuka studio foto, buatlah rencana bisnis yang matang. Tentukan target pasar Anda, jenis layanan fotografi yang akan Anda tawarkan (seperti potret keluarga, pernikahan, produk, atau fashion), serta tentukan lokasi dan anggaran yang dibutuhkan untuk memasarkan jasa studio foto Anda.

2. Peralatan yang Tepat

Anda harus investasikan peralatan fotografi yang berkualitas, mulai dari kamera, lensa, tripod, pencahayaan, dan perlengkapan lainnya. Peralatan tersebut bisa dibeli secara terpisah atau dalam paket yang sudah lengkap.

Baca juga: 7 Tips Memanfaatkan Psikologi Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

Pastikan Anda memiliki peralatan yang sesuai dengan jenis fotografi yang Anda tawarkan.

3. Bangun Portofolio

Sebelum memasuki pasar, bangunlah portofolio fotografi Anda. Karena portofolio merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis fotografi.

Isi portofolio bisa menyertakan pemotretan percobaan atau beberapa projek kecil yang pernah Anda kerjakan. Jika baru memulai, Anda bisa menawarkan sesi foto gratis untuk mendapatkan gambar yang berkualitas untuk membangun portofolio Anda.

4. Pemasaran dan Branding

Luangkan waktu untuk merancang merek studio Anda. Buat logo, situs web, dan materi pemasaran yang menarik. Manfaatkan media sosial dan situs web untuk mempromosikan portofolio Anda dan menjangkau calon klien.

Cara lainnya, Anda bisa berpartisipasi dalam kegiatan komunitas atau event-event fotografi untuk menambah relasi dan memperluas jaringan pemasaran dan branding studio Anda.

Baca juga: 5 Kiat untuk Memulai Bisnis Desainer Interior

5. Memberi Harga Layanan

Tentukan harga yang kompetitif dan sesuai dengan kualitas layanan Anda. Anda juga bisa mencari tahu harga jasa fotografi di sekitar tempat Anda dan menyesuaikan dengan harga pasar.

Jangan takut untuk menaikkan harga seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda dan peningkatan keterampilan fotografi Anda.

Membangun relasi yang baik dengan klien, menyediakan layanan yang berbeda dan terus belajar tentang teknik fotografi terbaru akan membawa usaha Anda menjadi bisnis yang semakin besar dan berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com