Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hana Bank Gandeng Amartha untuk Penyaluran Pembiayaan ke UMKM

Kompas.com - 15/12/2023, 09:27 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) menjalin kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) dalam penyaluran pendanaan dengan skema channeling kepada nasabah UMKM.

Chief Funding Officer Amartha, Julie Fauzie, menyampaikan Amartha mendorong UMKM terutama pengusaha perempuan untuk mendapatkan akses keuangan yang inklusif, salah satunya diwujudkan melalui kemitraan strategis dengan pendana institusi.

“Lewat kerja sama ini Amartha membantu Hana Bank untuk menjangkau segmen akar rumput secara lebih masif dengan optimalisasi teknologi, dan Hana Bank membantu akselerasi penyaluran modal melalui Amartha,” tutur Julie Fauzie dalam keterangan resmi, Kamis (15/12/2023).

Baca juga: Kementerian Investasi Bantu Pelaku UMKM di Jakarta Utara Peroleh NIB

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, 64 persen UMKM Indonesia dimiliki oleh perempuan di mana 52 persennya adalah usaha mikro. Untuk itu, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong produktivitas UMKM.

Sementara itu Direktur Perbankan Konsumer Hana Bank, Anton Hermawan menyampaikan, kerja sama ini diharapkan dapat membuka akses keuangan yang aman bagi UMKM ekonomi kreatif para womenpreneur sehingga dapat memaksimalkan potensi usaha yang dimilikinya.

Kolaborasi ini adalah bentuk sinergi antara perbankan, khususnya Hana Bank dan ekosistem keuangan digital dalam misi memberikan layanan finansial yang tepat khususnya dalam pemberdayaan perempuan pengusaha mikro,” jelas Anton Hermawan saat acara peresmian kerja sama di Amartha Village pada Selasa (12/12).

Amartha telah menjalin kolaborasi strategis dengan lebih dari 30 institusi perbankan di Indonesia. Secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan lebih dari 15,5 triliun rupiah permodalan kepada lebih dari 2,1 juta pelaku usaha ultra mikro di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kisah Dimas Berbisnis Cookies, Terinspirasi dari Pengalaman Tertinggal Pesawat

“Di tahun mendatang, kolaborasi strategis dengan institusi perbankan masih akan terus kami upayakan sebagai langkah untuk mengakselerasi penyaluran modal bagi UMKM akar rumput. Amartha membuka kesempatan untuk bekerja sama dan memajukan ekonomi akar rumput di Indonesia lewat layanan keuangan inklusif.” tambah Julie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com