Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendala Pelaku UMKM: Pemasaran dan Menyusun Narasi Promosi

Kompas.com - 13/03/2024, 06:42 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ahli Digital Marketer dari komunitas digital Dimensi Susanto, mengatakan, pelaku UMKM seringkali terkendala dalam hal pemasaran.

Hal itu terjadi karena tidak ada kolaborasi yang mengakibatkan tak update dan masih menggunakan pola pemasaran yang lama.

“Misalnya tren live shopping yang mampu menjaring konsumen lebih luas, jadi trennya sudah bergeser bukan lagi konten video editing based lagi,” ujar Susanto dalam keterangannya.

Susanto menambahkan, salah satu poin penting di dunia digital marketing adalah meninggalkan jejak digital promosi sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Keuntungan Strategi Promosi Bundling Produk, Pebisnis Wajib Tahu!

Hal tersebut bertujuan agar lebih sering ditemui berdasarkan kata kunci produk yang dibutuhkan konsumen.

Pelatihan UMKM

Smesco Indonesia menggelar Pelatihan Digital Marketing Eksklusif bagi UMKM. Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada, mengatakan pelatihan ini dapat membantu UMKM memahami cara bersaing secara efektif dalam lingkungan digital yang terus berkembang

Selain itu, melalui pelatihan ini bisa membantu UMKM dalam memahami cara kerja algoritma untuk meningkatkan visibilitas online berdasarkan jenis platform digitalnya.

"Smesco memberikan banyak pelatihan di tahun ini, ketika ada keluhan dari UMKM yang masuk ke pusat layanan UKM, kemudian kami kumpulkan. Keluhan yang tertinggi, akan kami berikan saran perbaikan melalui webinar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, jika kurang cukup, Smesco akan memberikan layanan pelatihan sampai tuntas seperti pelatihan eksklusif ini,” ujar Wientor dalam keterangan resminya di Jakarta.

Baca juga: Cara Promosi Usaha Boneka Ala Supplier dan Mantan Karyawan Pabrik Boneka

Wientor menjelaskan, konsep pelatihan yang diterapkan adalah product market fit yakni analisis produk yang paling diminati dan paling laku di marketplace.

”Permasalahan terbesar UMKM adalah menyusun narasi agar konsumen mau membeli produknya, untuk itu konsep ini sangat efektif,” katanya.

Susanto menambahkan, pelatihan ini juga memberikan keahlian bagi UMKM dalam mengembangkan analisis pasar dan pengukuran kinerja.

Mengajarkan cara menganalisis dan mengukur efektivitas kampanye digital untuk memahami ROI (Return of Investment) dan membuat perubahan yang diperlukan.

“Peserta akan dilatih untuk berpromosi berdasarkan kata kunci yang akan ditempatkan pada akun-akun seperti Google, Google Map, Facebook, dan Instagram secara organik atau minim biaya,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com