Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menamai Usaha Anda? Simak Tips-tips Ini

Kompas.com - 26/05/2024, 11:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama usaha adalah pilar dalam bisnis. Anda tidak boleh mengabaikan penamaan usaha Anda atau memberikan namanya secara sembarangan.

Nama bisnis mencerminkan identitas bisnis dan membantu membangun merek yang kuat. Anda perlu meluangkan waktu untuk menemukan nama bisnis yang bagus. Anda bisa mencari referensi dari mana saja, literatur luar, dalam negeri, media sosial, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Sebuah Bisnis Harus Memiliki Nama

Dilansir dari Business News Daily, berikut tiga hal penting yang harus Anda miliki dalam nama bisnis Anda:

1. Memiliki Makna

Nama bisnis harus memiliki makna dan arti tertentu dari sudut pandang pelanggan maupun Anda sendiri sebagai owner.

Nama dipercaya akan mencerminkan bisnis, misalnya jika Anda memberikan nama bisnis yang baik, maka dipercaya bisnis akan berkembang dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Nama usaha Anda juga harus mencerminkan nilai dan misi bisnis Anda, agar pesan yang ingin Anda sampaikan dimengerti dengan mudah oleh customer.

2. Kesederhanaan 

Nama bisnis juga perlu mengungsung kesederhanaan, yaitu mudah diucapkan dan relatif pendek. Sebagai contoh bisnis yang populer tapi hanya menggunakan nama yang sederhana; Apple, Line, Facebook, dan Puma. 

Merek-merek besar dan populer itu mudah diucapkan dan pendek, yaitu hanya mencapai satu sampai dua suku kata.

Nama bisnis yang sederhana akan memudahkan audiens menemukan bisnis Anda. Misal mereka mencari bisnis Anda melalui media sosial, pencarian google, atau yang lainnya.

Baca juga: 6 Tips Menentukan Nama Usaha yang Menarik

3. Keunikan

Banyak bisnis di luar sana yang menamai usahanya semirip mungkin dengan bisnis lain. Hal itu sebenarnya tidak menimbulkan keuntungan atau manfaat.

Carilah sesuatu yang orisinal dan autentik yang merangkum bisnis Anda. Nama yang unik cenderung mudah diingat oleh audiens.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com