Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bisnis Jasa Cuci Sepatu bagi Pemula

Kompas.com - 02/06/2024, 13:19 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tertarik dengan bisnis laundry baju, tapi sayangnya sudah banyak yang memulai usaha ini di sekitar rumah? Anda bisa coba bisnis sejenis yang tak kalah memberikan keuntungan, yakni jasa cuci sepatu. Bisnis ini cocok dikembangkan oleh siapa saja termasuk para pemula.

Untuk memulai bisnis ini sebenarnya tak jauh berbeda dari jasa laundry baju, karena konsepnya yang hampir mirip. Bagi para pemula yang tertarik untuk mencoba bisnis jasa cuci sepatu, beberapa tips berikut ini mungkin akan sangat membantu.

Sekilas layanan jasa cuci sepatu memang mirip dengan jasa cuci pakaian. Hanya saja, ada sejumlah hal berbeda dari kedua usaha tersebut, mulai dari jenis deterjen yang digunakan hingga jenis mesin cucinya.

Agar lebih paham bagaimana memulai bisnis jasa cuci sepatu, simak ulasan selengkapnya seperti dilansir dari Cermati.com berikut ini:

1. Analisis Prospek Bisnis

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis jasa cuci sepatu, ada baiknya untuk melakukan riset atau analisis sederhana. Hal ini untuk mengetahui bagaimana prospek bisnis tersebut di daerah tempat Anda tinggal.

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan data-data secara akurat sebagai bahan untuk analisis prospek usaha. Mulai dari mengumpulkan data, survei langsung, dan beberapa metode metode lainnya.

Hanya saja sebagai pemula, tentunya modal dan kemampuan yang dimiliki masih terbatas. Untuk itu, analisis prospek bisnis bisa dilakukan dengan observasi atau pengamatan langsung di kawasan sekitar tempat Anda tinggal.

Umumnya, pelanggan bisnis jasa cuci sepatu adalah para anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantor, maupun profesi lain yang kerap menggunakan sepatu. Apabila di wilayah Anda tinggal jumlah mereka cukup banyak, ini artinya jika bisnis layanan cuci sepatu terbilang cukup potensial.

2. Siapkan Tempat Usaha

Jika analisis terkait prospek bisnis cuci sepatu sudah dilakukan dan peluangnya cukup bagus, maka tahap selanjutnya adalah melakukan persiapan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah tempat usahanya, peralatan, hingga perlengkapan yang nantinya akan dibutuhkan.

Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan rumah sendiri untuk tempat usahanya. Luas tempat yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini terbilang cukup luas karena harus bisa menampung mesin cucinya.

Selain itu tempat tersebut juga harus tersedia space untuk pengeringan atau penjemuran sepatu, lemari atau rak sepatu, hingga tempat penyimpanan.

3. Pilih Mesin Cuci yang Sesuai

Mesin cuci untuk bisnis jasa cuci sepatu tidak sama dengan yang digunakan di bisnis laundry baju pada umumnya. Mesin cuci tersebut dikenal dengan nama shoes laundry machine.

Harga per unit mesin cuci tersebut cukup bervariasi, harganya mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta sesuai kapasitas dan fiturnya.

Sebelum melakukan pembelian, ada baiknya untuk memilih produk mesin cuci yang memang khusus untuk mencuci sepatu. Biasanya mesin cuci seperti ini memiliki fitur pengering atau dryer khusus sehingga proses pengeringannya jadi lebih cepat.

4. Menyiapkan Bahan dan Perlengkapan Mencuci Sepatu

Deterjen dan juga pewangi menjadi perlengkapan selanjutnya yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis jasa cuci sepatu. Teknik mencuci sepatu sendiri ada tiga jenis proses pengerjaan yakni dry clean, wet clean, dan juga wet and dry.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com