Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beon Intermedia Bersama Malang Creative Center Beri Pelatihan Digital bagi Pelaku UMKM

Kompas.com - 31/01/2024, 21:21 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Transformasi digital penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), selain dapat mengurangi biaya operasional seperti menyewa toko, pelaku UMKM bisa dengan mudah memperluas jangkauan pasarnya, tanpa terbatas jarak dan waktu.

Sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, perusahaan bidang teknologi Beon Intermedia bersama Malang Creative Center (MCC) memberikan pendampingan dan pelatihan digital bagi pelaku UMKM.

Head of Corporate Communication Beon Intermedia, Andina Paramitha mengatakan, bahwa pelatihan kolaborasi bersama MCC dengan tajuk DigitaLoka, akan memberikan dukungan infrastruktur digital bagi pelaku UMKM yang ada.

Baca juga: 40 Pelaku UMKM di Serang Dibekali Ilmu Pemasaran Digital dan Ekspor

"Dalam kolaborasi ini, kami akan memberikan serangkaian pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas UMKM dengan industri ekonomi kreatif, termasuk dukungan berupa infrastruktur digitalnya," kata Andina di Kota Malang, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Rabu (31/1/2024).

Andina menjelaskan, para pelaku UMKM dari wilayah Kota Malang dan sekitarnya yang sering berkolaborasi dengan MCC, juga akan mendapatkan konsultasi yang berkaitan dengan merek dagang.

Akses konsultasi legalitas dan bisnis tersebut, diharapkan bisa menjangkau berbagai pelaku UMKM yang selama ini menghadapi berbagai tantangan.

Pasalnya, legalitas bagi pelaku UMKM merupakan hal yang penting untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM.

"Akses konsultasi legalitas dan bisnis yang terjangkau bagi komunitas UMKM dan industri ekonomi kreatif," katanya.

Ia menambahkan, MCC dan Beon Intermedia akan mengadakan berbagai macam program dan event melalui DigitaLoka, yang terdiri dari Loka Campus, Loka Heroes, Loka Hub, Loka Fest, Loka Inspirasi dan Loka Spot. Diharapkan, program itu bisa memberikan pertumbuhan berkelanjutan.

"Melalui kolaborasi, penguatan kapasitas pengusaha, serta pemberdayaan melalui akses yang lebih luas terhadap pasar dan pelanggan, diharapkan kontribusi ekonomi dari sektor UMKM dan industry kreatif di Malang semakin meningkat," harap Andina.

Baca juga: BUMN Bantu Promosi dan Penjualan Produk UMKM Lewat Vending Machine

Sehingga, dapat menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan ekonomi lokal, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap agar UMKM dan industri kreatif dapat mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan, melalui kolaborasi, penguatan kapasitas pengusaha, serta pemberdayaan melalui akses yang lebih luas terhadap pasar dan pelanggan," kata Andina lebih lanjut.

Sementara itu, Manager Marketing dan Kerja Sama MCC, Frishanti Yuan memberikan apresiasi terhadap kerja sama tersebut dan diharapkan mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap ekosistem di wilayah Malang Raya.

"Peran kolaborator sangat membantu untuk mewujudkan peran kami sebagai fasilitator dan inkubator,” ujar Firshanti.

Selain itu, pelaku UMKM yang berada di MCC juga diharapkan bisa tumbuh dengan baik dan menjadi inspirasi pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk saling berkolaborasi, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: Penjualan Produk UMKM Dompet Tenun Badui Tembus Provinsi Bali Lewat Media Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com