Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Produk Khas Daerah, Ini Empat Strategi Berbisnis Sale Pisang

Kompas.com - 30/06/2024, 11:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Sale pisang merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang dibuat dari buah pisang. Rasa makanan ini cenderung manis legit dengan tekstur kering di luar lembut di dalam.

Cita rasanya yang unik membuat makanan ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga.

Sale pisang sendiri punya banyak variasi bentuk yang beragam, ada yang seperti stik, lembaran tipis, dan berbentuk gulungan. Bahkan, ada pula yang berbentuk seperti bola-bola yang dikemas menggunakan klobot atau kulit jagung, lalu dirangkai seperti anggur.

Sebelum mencoba untuk memulai sebuah bisnis baru, penting untuk memahami prospek usaha tersebut seperti apa. Hal ini untuk membantu memberikan gambarannya secara singkat. Terutama terkait segala kemungkinan yang bisa terjadi saat menjalankan bisnis tersebut, mulai dari peluang dan risiko yang ada.

Dilansir dari Cermati.com, simak beberapa alasan mengapa bisnis sale pisang punya prospek yang cukup bagus berikut ini:

1. Harga Jual Bagus

Dalam analisis bisnis, setiap kemasan produk sale pisang bisa dijual dua kali lebih besar dari ongkos produksinya. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa usaha jualan sale pisang sangat layak untuk dilirik dan ditekuni.

2. Bahan Baku Mudah Didapatkan

Selain harga jual yang bagus, bahan baku untuk pembuatan sale juga terbilang sangat mudah diperoleh. Mengingat pisang termasuk tanaman yang berbuah sepanjang musim, sehingga pelaku usaha tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

Hal ini tentunya akan membuat keberadaan sale pisang di pasaran akan tetap stabil. Hal ini karena pasokan bahan baku yang selalu ada, sehingga proses produksi sale bisa dipastikan akan minim kendala.

Baca juga: 10 Tips Membuka Usaha Buah-buahan yang Menguntungkan

3. Proses Pembuatan Terbilang Mudah

Proses pembuatan sale pisang termasuk mudah dilakukan, hampir tanpa perlu teknik khusus. Anda bahkan bisa menggunakan alat-alat yang sudah ada di dapur untuk memulai proses pembuatan sale.

Misalnya saja seperti wadah berukuran besar, rak penjemur, wajan, kompor dan sebagainya. Barulah ketika bisnis mulai berkembang dan omset mengalami peningkatan, alat-alat yang digunakan bisa di-upgrade sesuai kapasitas produksi.

4. Pemasaran Mudah Dilakukan

Sale pisang termasuk jajanan tradisional yang masih cukup digemari hingga saat ini karena rasanya sangat khas. Dengan kecanggihan teknologi digital, pemasaran produk bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ada banyak kanal promosi yang bisa digunakan, baik secara offline maupun online.

Promosi online bisa dilakukan melalui platform media sosial, situs web, marketplace dan lain sebagainya. Sedangkan promosi offline, bisa dengan word of mouth alias promosi dari mulut ke mulut, menyebarkan brosur, pamflet, dan banyak lagi.

Promosi yang dilakukan secara optimal akan membantu pemasaran produk jadi lebih mudah.

Demikian tadi informasi menarik tentang prospek bisnis sale pisang dan juga cara pembuatannya yang ternyata cukup menarik. Setiap hal di sekitar bisa saja memiliki peluang besar untuk menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Ajak diri untuk lebih peka dalam melihat peluang bisnis yang ada di sekitar.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com