Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Sandiaga: Pemerintah Wajib Beli Produk UMKM Lokal

Kompas.com - 29/08/2022, 08:00 WIB
Tri Purna Jaya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

 

LAMPUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pemerintah membeli produk UMKM lokal.

"Pemerintah wajib membeli jika ada kebutuhan. Kita berikan keberpihakan kepada UMKM," kata Sandiaga saat menghadiri Workshop KaTa Kreatif Bandar Lampung, Minggu (28/8/2022).

Menurut Sandiaga, tindakan itu adalah bukti nyata dari keberpihakan pemerintah daerah untuk perkembangan UMKM lokal di daerah masing-masing.

Baca juga: 4 Manfaat 'Direct Marketing' Untuk Bisnis yang Lebih Praktis

"Ada Rp500-800 triliun belanja pemerintah yang kita kerahkan kepada produk-produk Bangga Buatan Indonesia," kata Sandiaga.

Menurutnya, secara umum hal ini bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 1,7 persen dan 2 juta lapangan kerja baru.

"Ini adalah wujud nyata bahwa kita bisa merealisasikan kegiatan kita. Program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, kata Sandiaga.

Dia pun berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung turut serta dalam gerakan ini, sebagai bentuk perhatian kepada UMKM lokal.

"Program ini sudah hampir 20 juta UMKM. Mereka ini akan masuk dalam platform e-katalog, baik lokal, sektoral, maupun katalog nasional," kata Sandiaga.

Sementara itu, Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandar Lampung Khaidarmansyah mengatakan Kota Tapis Berseri sudah mengajukan uji petik penilaian mandiri Kabupaten/Kota Kreatif.

Baca juga: Percepat UMKM Penetrasi Digital, Ajang Kompetisi Caripreneur Digelar

"Subsektor unggulannya yaitu kuliner, fashion, dan kriya. Ini adalah wujud nyata bahwa kita bisa merealisasikan kegiatan kita," kata Khaidar.

Khaidar mengungkapkan, KaTa Kreatif adalah lokomotif pertumbuhan ekonomi masa depan.

"Ekonomi kreatif yang akan menjadi tulang punggung pembangunan Indonesia," kata Khaidar.

Menurutnya, sektor ini yang menciptakan lapangan kerja secara luas dan merata, penuh keadilan, karena ekonomi kreatif memberikan peluang kepada UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com