Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pemimpin dalam Organisasi Bisnis? Terapkan 6 Skill Ini agar Kerja Sama Tim Efektif

Kompas.com - 21/06/2023, 17:46 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber indeed

KOMPAS.com – Membangun sebuah bisnis pasti memerlukan bantuan orang lain di dalamnya.

Ketika kamu baru memulai bisnis dan ingin menjalankan sebuah tim di dalamnya untuk menjalankan bisnis yang kamu miliki, kamu dapat menerapkan beberapa skill berikut ini sebagai seorang pemimpin atau leader di dalam tim.

Skill berikut ini dapat membantu kamu menjadi seorang pemimpin yang efektif dan membangun tim kerja yang juga efektif dalam melakukan pekerjaannya satu sama lain.

1. Pendengar aktif

Menjadi pemimpin tak hanya harus bisa memberikan arahan atau keputusan, tetapi juga dapat menerima umpan balik yang diberikan oleh anggota tim. Cobalah untuk mendengarkan pendapat yang mereka berikan secara aktif.

Baca juga: Kembangkan Bisnis dengan Lakukan Analisis SWOT, Begini Caranya

Melalui pendapat yang diberikan, kamu dapat mempertimbangkan bagaimana langkah baik yang harus diambil selanjutnya untuk keberlangsungan kerja sama tim.

2. Fokus

Sebagai pemimpin, kamu harus bisa fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai. Kamu dapat menjaga fokus dengan terus mengingat visi misi dalam menjalankan bisnis.

Tentukan tujuan secara jelas juga agar kamu dapat terus fokus dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

3. Optimisme

Pemikiran yang positif dan optimis dalam mencapai tujuan dalam berbisnis, dapat membantu kamu untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan bisnis dengan lebih efektif.

Baca juga: 6 Tips Mewujudkan Komunikasi Efektif Bersama Tim Kerja

Hindari pemikiran yang buruk atau pesimis dalam menjalankan bisnis. Terbuka akan resiko itu memang perlu tetapi jangan juga terlalu mengkhawatirkan apa yang belum terjadi. Jangan sampai hal tersebut menghalangi kamu untuk mengambil sebuah keputusan dalam bisnis.

4. Mau belajar

Menjadi seorang pemimpin juga perlu untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan agar bisnis dapat terus berjalan menghadapi persaingan seiring berkembangnya jaman.

Kamu juga dapat menginspirasi anggota lainnya agar mereka termotivasi untuk melakukan hal yang sama sepertimu, yakni terus belajar mengikuti perkembangan yang terjadi.

Baca juga: Cara Melatih Otak untuk Berpikir dan Berujung Sukses, Coba Terapkan!

5. Transparansi

Bersikap terbuka dan jujur dapat menjadikan kerja sama tim lebih efektif dan maksimal. Komunikasi dan transparansi yang baik turut membantu anggota tim saling memahami apa yang sedang terjadi di dalam bisnis.

Adanya transparansi juga dapat membuat anggota tim lebih memahami satu sama lain dan memungkinkan mereka untuk saling membantu ketika ada yang mengalami masalah dalam melakukan pekerjaannya dalam bisnismu.

Transparansi juga dapat membuat tiap anggota tim sadar bahwa mereka memiliki kontribusi dan tanggung jawab serta peran yang penting dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Terapkan Hal Ini untuk Capai Tujuan Bisnis secara Efektif

6. Berani dan berpendirian

Ketika kamu diharuskan mengambil sebuah keputusan, kamu perlu berpendirian teguh pada tujuan dan visi misi yang telah ditetapkan.

Mendengarkan pendapat anggota tim memang penting tetapi pastikan juga bahwa kamu berani mengambil sebuah keputusan demi kepentingan bisnis dan berani bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan.

Kamu juga perlu berani dalam menerima segaal resiko yang mungkin terjadi saat menjalankan bisnis dengan tim.

Baca juga: Berani Resign, Winarno Sukses Berbisnis Tegel Klasik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com