Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Peluang Bisnis Sewa Mobil "Offroad"

Kompas.com - 31/07/2023, 09:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Kini ada banyak destinasi wisata baru yang bermunculan seiring minat masyarakat yang meningkat cukup pesat. Salah satu yang cukup diminati adalah wisata offroad keluarga di alam bebas.

Ini karena ada banyak orang yang ingin merasakan keseruan berpetualang menyusuri alam terbuka dengan mobil khusus offroad.

Tentunya, minat masyarakat ini bisa jadi peluang bisnis yang cukup memiliki prospek untuk masa mendatang jika dikelola secara profesional. Namun sama halnya dengan bisnis pada umumnya, bisnis sewa mobil offroad pun juga memiliki tantangan dan risiko tersendiri.

Tertarik untuk mencoba bisnis unik dan ekstrem ini? Simak ulasan dari dikutip dari Cermati.com, berikut ini :

1. Apa yang Dibutuhkan dalam Bisnis Sewa Mobil Offroad?

Tak jauh berbeda dengan bisnis yang lain, untuk memulai bisnis sewa mobil offroad wisata perlu membuat business plan atau perencanaan bisnis terlebih dahulu.

Tanpa adanya perencanaan yang jelas dan tujuan yang terarah, bisnis akan sulit berkembang. Baru setelah menyusun perencanaan bisnis bisa dilanjutkan dengan menentukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Mengingat bisnis ini ditujukan untuk memberikan pengalaman seru berwisata di alam, pastikan untuk memilih lokasi yang sesuai. Misalnya, area pegunungan seperti di puncak, atau kawasan Bunker Kaliadem Merapi, Jogjakarta dan banyak lagi. Lokasi yang tepat akan memberikan pengalaman berbeda untuk calon pelanggan yang tertarik.

Kemudian, hal paling penting adalah menyiapkan modal untuk mengeksekusi rencana bisnis yang sudah dibuat. Modal bisa dari kantong pribadi atau membuka kesempatan kerjasama dengan pihak lain.

Modal ini nantinya akan digunakan untuk mengurus perizinan bisnis, menyiapkan armada kendaraan yang sesuai, hingga faktor keamanan lainnya.

2. Mobil dengan Mesin yang Tangguh

Dalam bisnis sewa mobil offroad, memilih kendaraan yang sesuai menjadi salah satu tantangan tersendiri. Karena medan yang akan dilalui termasuk ekstrem, sehingga kendaraan yang digunakan harus benar-benar diperhatikan.

Tantangan yang kerap dihadapi dalam bisnis sewa mobil offroad adalah mesinnya. Kendaraan tersebut harus memiliki mesin yang andal dan juga tangguh, agar mampu melewati berbagai medan yang nantinya akan dilalui.

Apalagi, jalurnya bukan hanya jalanan yang normal saja tapi juga ada banyak jalur ekstrem. Karena di situlah letak keseruan naik mobil offroad yang bikin banyak orang tertarik.

3. Ketersediaan Sparepart Kendaraan

Perawatan kendaraan yang rutin menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, karena akan sangat berimbas pada performanya.

Sayangnya, perawatan mobil offroad ini agak susah didapat karena sebagian besar spare part atau suku cadang masih impor, sehingga kadang perawatan kendaraan menjadi terbengkalai hingga akhirnya mangkrak tak terurus.

Oleh karena itu, untuk memulai bisnis mobil offroad ini perlu riset lokasi penyedia spare part yang sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki. Mulai dari jenis hingga kisaran harganya, agar Anda juga ada waktu untuk mempersiapkan dananya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com