Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Karakter Diri yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha dalam Membangun Bisnis

Kompas.com - 09/02/2024, 20:01 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai pelaku usaha, Anda tentu tahu menjalankan bisnis adalah sebuah kerja keras. Anda tentu akan menghadapi berbagai tantangan untuk membangun bisnis yang sukses.

Oleh karena itu, ada beberapa karakter pemimpin yang harus dimiliki seorang pelaku usaha, agar mampu menghadapi pasang surutnya bisnis.

Berikut ini 6 karakteristik paling penting yang harus dimiliki pelaku usaha.

Baca juga: 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaku Usaha Saat Memulai Bisnis

1. Percaya diri

Percaya diri dengan mengenali diri sendiri dan kemampuan Anda. Sebagai pemilik usaha kecil yang percaya diri, Anda akan memahami kemampuan terbaik, sekaligus mengakui kelemahan diri yang perlu ditingkatkan.

Anda bisa menggunakan kepercayaan diri ini untuk membawa bisnis Anda ke luar dari zona nyaman, tanpa bertindak gegabah.

Inilah mengapa seorang pelaku usaha harus menjauhkan diri dari kesombongan, karena ini justru akan membuat Anda buta akan kelemahan Anda.

Jika Anda percaya diri pada diri sendiri dan bisnis Anda, tujuan bisnis akan lebih mudah dicapai. Anda tidak akan terhambat oleh rasa takut untuk mengambil langkah selanjutnya bagi perusahaan Anda.

Di sisi lain, Anda akan mampu melihat keterbatasan Anda dan akan lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan kesalahan yang tak masuk akal saat mengelola bisnis Anda.

Manfaat lain dari rasa percaya diri adalah Anda akan menjadi pemimpin yang disegani. Orang-orang akan mempercayai Anda dan rasa percaya diri Anda akan menular ke karyawan Anda.

2. Tangguh

Menjalankan bisnis tidak selalu berjalan sesuai rencana. Entah itu adanya masalah pada proses produksi atau masalah penjualan, apa pun itu sebagai pelaku usaha, Anda harus tangguh dan tak mudah putus asa.

Setiap kali ada yang tidak beres dengan bisnis, Anda, sebagai pelaku usaha harus mencari solusi untuk masalah tersebut.

Terkadang hal ini berarti mendorong maju melewati rintangan sampai Anda berhasil melaluinya dan terkadang hal ini berarti menemukan rute yang sama sekali baru untuk mencapai tujuan.

Karakter tangguh yang Anda miliki akan membantu Anda melewati berbagai masalah yang muncul dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Baca juga: 3 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Masalah Saat Membangun Bisnis, Pelaku Usaha Baru Wajib Tahu

3. Berorientasi pada tujuan

Penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dari bisnis Anda dan memiliki rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Berorientasi pada tujuan, berarti bekerja secara langsung dengan ketekunan untuk menjaga bisnis Anda menuju kesuksesan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com