Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Bisnis Aroma Terapi? Ini Barang Lain untuk Melengkapinya

Kompas.com - 03/03/2024, 13:18 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat berbisnis, kamu bisa menjual alat dan aksesoris tambahan untuk melengkapi produk usaha kamu. Selain mempermudah klien membeli semua perlengkapan dari satu toko, kamu juga bisa mendapat penghasilan tambahan.

Salah satunya dalam bisnis produk aroma terapi. Selain produk aroma terapi sebagai produk utama, ternyata ada alat yang mendukung penggunaannya. Seperti tungku bakar dan diffuser untuk minyak aroma terapi, hingga incense holder untuk aroma terapi model dupa.

Seperti yang dilakukan Novi Novi Gunarsanti, owner Viko Collection Aromatic Therapy and Spa Material sejak tahun 2001. Dia Tidak hanya menjual aroma terapi saja, tapi juga menyediakan alat pendukung berupa tungku bakar yang dibuat secara handmade.

Kalau kamu ingin mulai berbisnis aroma terapi, simak apa saja yang perlu kamu sediakan untuk etalase usahamu

Jenis aroma terapi

Bahan utama pembuatan aroma terapi berasal dari nilam yang dicampurkan dengan aroma lain. Kemudian dibuat dalam bentuk minyak dan dupa.

Baca juga: Dorong Siswa Berwirausaha, SMK Ini Berhasil Produksi Sabun Aroma Terapi

Aroma terapi ini terbuat dari tanaman nilam. Kemudian nilam ini di mix dengan campuran aroma sepeti aroma bunga ataupun buah sesuai selera” ungkap Novi saat diwawancarai oleh Kompas.com di acara INACRAFT 2024 pada Rabu, (28/02/2024).

Alat tungku bakar

Minyak aroma terapi disiapkan dengan menaruh sedikit air di atas tungku kemudian minyak aroma terapi diteteskan. Lilin bakar ditaruh di bawah tungku. Air yang di-steam akan mengeluarkan aroma yang harum.

Oleh karena itu minyak aroma terapi membutuhkan media tambahan berupa tungku bakar. Tungku ini dibuat dari gerabah yang dibentuk dan dipanaskan.

“Alat pelengkap aroma terapi ada tungku bakar dari keramik. Tungku ini dicetak dari tanah liat. Kemudian harus dibakar dengan suhu sekitar 1.100 derajat Celcius. Fungsinya apa? Agar kalau ditaruh lilin tidak mudah pecah. Tungku di sini juga dilapisi dengan glasir biar cairan aroma terapi di atasnya nggak bocor,” papar Novi.

Diffuser

Selain dengan tungku bakar, kini hadir alat diffuser elektronik untuk menggunakan minyak aroma terapi. Alat ini lebih mudah dan praktis penggunaannya.

Baca juga: Belajar Manfaatkan Komoditas Daerah, Siswa SMK Ini Hasilkan Sabun Aroma Terapi

Dengan cara yang sama yaitu menuangkan air kemudian teteskan 2-3 tetes cairan minyak aroma terapi. Diffuser akan mengeluarkan uap dengan wangi aroma terapi.

Incense Holder

Aroma terapi tidak hanya berbentuk minyak, namun ada juga dalam bentuk dupa.

“Ada juga yang model dupa. Kalau yang ini cara penggunaannya dinyalakan atau dibakar. Stik dupa akan habis dalam waktu 30 menit” ucap Novi.

Untuk itu, dupa aroma terapi membutuhkan alat tambahan berupa incense holder. Ini merupakan alat penyangga untuk menancapkan dupa. Kamu bisa menjual alat ini untuk menunjang bisnis aroma terapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com