Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan dalam Mempraktikkan Strategi Bisnis yang Perlu Dipahami

Kompas.com - 17/04/2024, 14:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Strategi bisnis memang diperlukan agar mencapai tujuan yang diinginkan, seperti kenaikan penjualan dan konsumen yang loyal. Akan tetapi, praktik nyata dari rencana strategi tersebut juga harus diperhatikan. 

Ada beberapa kesalahan dalam mewujudkan strategi bisnis yang sudah ada dan berakibat tidak sesuai rencana awal. Sebaiknya kamu menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar strategi bisnismu sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Kesalahan dalam mempraktikkan strategi bisnis dapat kamu simak melalui artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkumnya dari situs enterpreneur.com 

Baca juga: 5 Strategi Bisnis Ampuh untuk Hadapi Persaingan Era Digital

1. Bersikap Reaktif

Kesalahan pertama yaitu bersikap reaktif saat merespons sesuatu yang berkaitan dengan bisnis, misalnya ketika tiba-tiba mendapatkan ide baru atau membaca pesan baru. 

Saat merespons hal tersebut, kamu bertindak berdasarkan apa yang kamu rasakan saat itu. Padahal tindakan ini ditakutkan akan membuat kamu menjadi gegabah.

Sebelum bertindak, baiknya tidak langsung bersikap reaktif dan tetap tenang. Lalu barulah kamu dan tim mulai merencanakan langkah selanjutnya dengan matang. 

Baca juga: 4 Cara Memaksimalkan Strategi Diskon yang Perlu Kamu Tahu

2. Berorientasi pada Keinginan, Bukan Kebutuhan

Memang strategi bisnis dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari pendirian usaha. Namun, tetap harus membuka mata terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi dalam bisnismu. 

Jika pelanggan bisnismu membutuhkan sesuatu dari produk-produk yang kamu luncurkan, maka kamu harus berusaha mendengarkan saran dari mereka. Jadi, kamu tidak memproduksi barang yang kamu inginkan, tetapi barang yang orang-orang butuhkan. 

Ingat, bisnis berbeda dengan hobi. Kamu harus bisa memilah sesuatu yang berupa keinginanmu pribadi dan kebutuhan bisnis.

Baca juga: 4 Strategi Efektif Meningkatkan Keuntungan, Pelaku Usaha Wajib Tahu

3. Berniat Mendapatkan Uang secara Instan

Saat berbisnis, terkadang orientasi memperoleh uang merupakan tujuan utamamu. Namun, jangan sampai kamu melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan uang secara instan. 

Alasannya, mendapatkan uang dalam jumlah banyak tidak bisa dilakukan secara cepat dan terjadi begitu saja. Ada berbagai proses bisnis yang harus dilalui. 

Tindakan ini juga ditakutkan bisa memberikan tekanan berlebih pada karyawanmu. Mereka menjadi cepat jenuh dan tidak merasa enjoy ketika melakukan pekerjaan karena tuntutan tersebut. 

Baca juga: 4 Strategi Menjaga Kondisi Bisnis Tetap Stabil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com