Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Khawatir, Ini Strategi Menghadapi Risiko Usaha

Kompas.com - 14/05/2024, 14:28 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah tahukah kamu apa itu risiko usaha? Secara umum, risiko usaha adalah hambatan yang merugikan sebuah usaha atau bisnis, dan bisa terjadi kapan saja karena beberapa sebab.

Risiko usaha memang bisa mengakibatkan kerugian hingga kebangkrutan dalam bisnis. Sayangnya, tiap usaha pasti menemui risikonya masing-masing.

Jenis risiko usaha ada risiko modal, risiko keuangan, risiko produk, risiko operasional dan risiko pasar. Faktor penyebabnya pun beragam.

Namun meskipun demikian, pada dasarnya risiko usaha bisa diantisipasi dan dihindari. Meskipun sudah terjadi, risiko usaha juga bisa diatasi dengan strategi dan solusi yang tepat.

Oleh karena itu bagi pelaku usaha yang menemui risiko usaha tidak perlu khawatir bahwa bisnisnya akan langsung bangkrut, coba atasi dengan beberapa cara ini seperti dilansir dari Gramedia.com,

Baca juga: Kenali Risiko Buka Usaha di Pinggir Jalan

1. Mengenal Perusahaan

Sebagai langkah awal untuk mengantisipasi risiko usaha, kamu sebagai pelaku usaha perlu mengenal dengan baik perusahaan yang kamu bangun.

Kamu perlu tahu produk apa yang dijual, bagaimana perputaran modal dan keuangannya, apa kelebihan dan kelemahan produk, siapa segmentasi pasarnya, dan bagaimana prospek bisnis ini dalam jangka panjang.

Dengan begitu kamu bisa memprediksi dan mengira-ngira apa risiko usaha yang mungkin terjadi, sshingga kamu bisa menghindarinya dari awal. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terjadi?

Karena kamu sudah mengenal perusahaan kamu dengan baik, ini akan memudahkanmu dalam mencari solusi dan strategi. Jika kamu tidak berhasil dengan produk atau sistem bisnis yang sebelumnya dan mendapati risiko kegagalan, kamu bisa memperbaikinya dan melakukan inovasi baru.

Dengan begitu kamu sudah tahu langkah apa yang paling cocok dengan usahamu. Sebab kamu sudah tahu detail dan paham betul karakteristik dari perusahaanmu itu sendiri.

2. Mengukur Skala Risiko

Tidak jarang risiko usaha datang secara bersamaan. Karena risiko usaha bisa datang sewaktu-waktu. Bahkan, terkadang bisa saling berhubungan menjadi sebab akibat.

Baca juga: Kurangi Risiko Gagal Merintis Bisnis, Simak Tips Melakukan Beachhead Market

Misalnya bermula dari risiko pasar kemudian menjalar ke risiko keuangan. Hal yang seperti ini bisa saja terjadi dalam dunia bisnis.

Jika demikian, strategi yang bisa kamu terapkan adalah mengukur skala risiko. Artinya kamu bisa lihat besar kecilnya masing-masing risiko. Coba catat dan runutkan kerugian mana yang paling besar dari risiko usaha yang tengah terjadi.

Dengan begitu kamu juga bisa menentukan skala prioritas. Permasalahan mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu karena akan semakin berisiko jika dibiarkan berlarut-larut.

Meskipun demikian, pastikan untuk mengatasi semuanya dan jangan menganggap sepele salah satunya. Namun, kamu bisa mengetahui mana yang lebih utama diselesaikan secepat mungkin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com