Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Jadi Reseller agar Tidak Rugi

Kompas.com - 02/06/2024, 08:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Reseller merupakan seseorang yang menjual kembali produk yang telah dibeli dari seller atau penjual. Ini merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Anda hanya perlu membeli produk dari distributor atau supplier lalu menjualnya kembali dengan selisih harga untuk mendapatkan keuntungan.

Di era digital saat ini, bisnis reseller sangat lebih berpeluang untuk berkembang karena tak hanya bisa dijalankan secara offline tapi juga online.

Penasaran bagaimana caranya memulai bisnis reseller agar tidak merugi dan bisa mendapatkan banyak keuntungan? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Tepat Memilih Produk

Langkah pertama menjadi reseller sukses yang perlu dilakukan adalah memilih produk atau barang jualan dengan tepat. Untuk itu, ada baiknya menyesuaikan dengan hobi atau sesuatu hal yang disukai.

Dengan begitu, sedikit banyak Anda sudah pasti memiliki pengetahuan tentang produk tersebut. Ini karena menjadi reseller harus sudah punya ilmu dan pengetahuan terkait seluk beluk produk yang dijual.

Pasalnya jika ada calon konsumen yang bertanya tentang produk, Anda akan lebih mudah memberi penjelasan yang diperlukan dengan tepat, sehingga calon konsumen bisa lebih percaya dan yakin dengan produk tersebut kemudian membelinya.

2. Menentukan Target Market

Setelah menentukan pilihan produk yang ingin dijual, hal penting selanjutnya adalah menentukan target market yang sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar lebih memudahkan dalam kegiatan penjualan dan promosi.

Misalnya untuk produk vitamin kucing, tentunya pasar yang tepat untuk menjadi targetnya adalah para pemilik kucing.

Membidik target pasar secara tepat akan memudahkan bisnis mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak. Alhasil, keuntungan bisnis yang diperoleh juga akan mengalami peningkatan.

3. Mencari dan Memilih Supplier yang Terpercaya

Memilih supplier yang benar-benar tepat dan terpercaya bagi bisnis adalah sebuah keharusan. Hanya saja, hal ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Terlebih bagi para reseller yang harus bisa mendapatkan supplier yang tepat, terutama dari segi produknya .

Salah pilih supplier, hanya akan membuat bisnis yang sudah dibangun mengalami kerugian. Maka dari itu, pastikan supplier yang akan diajak kerjasama benar-benar terpercaya.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier yang tepat untuk bisnis reseller, seperti menyediakan layanan customer service yang responsif dan dapat dipercaya, lakukan riset mendalam terhadap calon-calon supplier.

Lalu bandingkan satu sama lain mulai dari latar belakang, riwayat hingga rekam jejak perusahaan masing-masing, pilih supplier besar yang sudah lama berkecimpung di bisnis tersebut, dan harga yang ditawarkan cukup menguntungkan.

Selain itu, diperlukan pula kemampuan bekerja dengan profesional ketika melayani pesanan dari para reseller, menawarkan sistem kerjasama jelas dan transparan, misalnya dengan surat perjanjian yang saling menguntungkan, dan emiliki rincian katalog produk dengan detail yang jelas.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Reseller Sukses, Modal Kecil Bisa untuk Besar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com