Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memulai Bisnis? Simak 3 Pelajaran Penting Ini Terlebih Dahulu

Kompas.com - 22/06/2024, 18:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki ide bisnis yang hebat saja tidak cukup. Dibutuhkan waktu, tim, material, dan seringkali investasi finansial yang besar untuk mengubah ide bagus tersebut menjadi bisnis yang sukses. 

Memulai dan menjalankan bisnis bukanlah tugas yang mudah. Banyak tantangan dan hambatan yang harus siap kamu hadapi sebagai seorang wirausahawan. 

Baca juga: 4 Pelajaran Bisnis yang Wajib Dipahami oleh Pelaku UMKM

Namun, dengan mempelajari beberapa pelajaran penting, kamu dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda. Dilansir dari Business News Daily, berikut tiga pelajaran penting yang dapat kamu lakukan agar sukses.

1. Cari Marketnya Terlebih Dahulu

Selain penting untuk memikirkan produk, memikirkan siapa market-nya harus berjalan beriringan bersama. Apakah targetmu adalah anak-anak muda, orang tua, kalangan atas atau bukan?

Kamu bisa melakukan riset pasar yang mendalam. Kamu juga harus bisa menganalisis kompetitor Anda agar membantumu menemukan celah di pasar yang bisa dimanfaatkan.

2. Kembangkan Produk dan Pelayanan 

Kamu perlu melakukan pengembangan produk dan layanan secara berkala. Tambahkan inovasi agar pelanggan tidak bosan untuk datang kepadamu.

Pastikan kamu juga selalu menerima feedback dari mereka. Feedback akan membuatmu mengetahui apa yang kurang dari bisnis dan bisa segera memperbaikinya.

Baca juga: Ingin Coba Ekspor? Simak Tips dari Nurjannah, Owner Bisnis Kecap Oishii

3. Kelola Uangnya dengan Baik

Keuangan adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis. Memulai bisnis tentu membutuhkan anggaran yang cukup banyak.

Pastikan kamu mengelola anggaran itu dengan baik agar bisnis Anda bisa dibangun dengan maksimal. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang besar-besaran di awal, karena usaha bisa dikembangkan secara bertahap, sehingga nanti bisa menggunakan omzet bisnismu untuk membeli sesuatu.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com