Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pelanggan Loyal? Optimalikan Penggunaan CRM

Kompas.com - 02/09/2022, 09:50 WIB
Putri Sophia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Customer Relationship Management atau CRM sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Ini lantaran keberadaan CRM memudahkan pelaku bisnis menjalin hubungan baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Tidak hanya bisnis skala besar, CRM dapat dimanfaatkan bisnis UMKM untuk mengenal, memahami, berinteraksi, dan memperoleh informasi pelanggan.

Sebagai pelaku UMKM, loyalitas pelanggan berpotensi mendatangkan repeat order pada produk Anda Karenanya, hal ini perlu dikelola agar profit penjualan meningkat.

Baca juga: PT KAI Sediakan Etalase dan E-Katalog untuk Bantu Pasarkan UMKM Binaan

Pengelolaan metode CRM pada bisnis UMKM ini cocok dilakukan pada berbagai platform untuk menjangkau pelanggan, seperti: situs web, sosial media, aplikasi pesan singkat, email, dan berbagai alat promosi lainnya.

Lantas, manfaat apa yang didapatkan apabila Anda mengoptimalkan CRM pada bisnis UMKM? Berikut ulasannya sebagaimana disarikan dari berbagai referensi:

1. Mengenal dan memahami pelanggan

Pelaku bisnis yang baik adalah mereka yang mengenal siapa pelanggannya. Maka dari itu, penggunaan CRM membantu Anda untuk memiliki data mengenai siapa, riwayat dan alasan pembelian pelanggan pada produk Anda.

Dengan mengetahui data pelanggan, Anda dapat belajar, memahami, dan menawarkan apa yang pelanggan butuhkan dan sukai.

2. Kegiatan bisnis lebih efisien

Penggunaan CRM dapat membantu Anda menjalin relasi dengan pelanggan secara terorganisir, sehingga operasional bisnis UMKM Anda dapat berjalan secara efisien dan meminimalisir pembiayaan yang tidak perlu.

Dengan demikian, bisnis anda dapat beroperasi dengan lebih efisien.

Baca juga: Kisah Sukses Soto Medan RM Sinar Pagi, Bertahan Hampir 60 Tahun Melayani Pelanggan

3. Mendapatkan loyalitas pelanggan

Pelanggan merupakan aspek paling penting bagi para pelaku bisnis UMKM. Memiliki pelanggan yang loyal bisa menjadi keuntungan tersendiri sebab bisa mendorong kemungkinan terjadinya promosi dari mulut ke mulut.

Oleh sebab itu, loyalitas para pelanggan dapat diraih melalui pengelolaan CRM yang baik.
Melalui platform yang Anda miliki, Anda dapat memberikan informasi serta pelayanan yang baik untuk pelanggan.

Seperti mempromosikan penawaran menarik, memberikan reward bagi pelanggan setia, atau sekadar memberikan pelayanan terbaik bagi keluhan pelanggan.

4. Meningkatkan profit

Seperti yang disinggung sebelumnya, hubungan yang baik dengan pelanggan dapat berdampak pada peningkatan profit karena hal tersebut dapat menghasilkan pelanggan dengan loyal.

Pengoptimalisasian penggunaan CRM di era industri serba digital ini layaknya dipertimbangkan bagi para pelaku bisnis UMKM.

Selain untuk mengetahui dan memahami siapa pelanggannya, CRM dapat memudahkan dalam operasional bisnis hingga membantu menarik loyalitas pelanggan yang berdampak pada meningkatnya pendapatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com