Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Bisnis dengan Bahan Dasar Kacang Hijau, Modal Kecil Cuan Besar

Kompas.com - 01/09/2023, 11:03 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kacang hijau adalah salah satu tumbuhan yang termasuk jenis polong-polongan (Fabaceae) yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Kacang hijau merupakan komoditas strategis yang dapat ditanam di lahan sawah kering saat musim kemarau dan peluang keberhasilannya lebih tinggi, dibandingkan komoditas lainnya.

Selain sifatnya yang kering, harga jual kacang hijau relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Usaha Minuman Herbal

Mudahnya menemukan kacang hijau di pasaran, membuat kacang hijau cocok dijadikan salah satu ide berbisnis dengan modal yang terbilang kecil.

Cara mengolahnya yang mudah, membuat siapa pun bisa merintis bisnis dengan bahan dasar kacang hijau untuk mendapatkan penghasilan.

Berikut ini adalah 7 ide bisnis dengan bahan dasar kacang hijau, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan yang sangat populer disajikan pada pagi hari.

Kacang hijau dimasak dengan direbus sampai lunak, kemudian ditambahkan gula menyesuaikan takaran masak kacang hijau. Setelahnya bubur dapat disajikan selagi hangat maupun dingin.

Ide peluang usaha ini bisa kamu jalankan di sekitar area perumahan, dengan target tetangga kamu untuk memenuhi kebutuhan sarapan keluarga.

2. Bakpia kacang hijau

Walaupun terkenal sebagai oleh-oleh khas Jogja, jajanan dengan rasa manis ini juga bisa kamu jadikan ide bisnis rumahan.

Kulit pembungkus bakpia biasanya adalah tepung terigu yang diuleni berulang kali hingga ketika proses pemanggangan sudah selesai, hasilnya akan seperti kulit yang berlapis-lapis.

Kemudian kamu bisa mengisinya dengan kacang hijau yang sudah dimasak dan dihaluskan.

Rasa bakpia kacang hijau yang khas disukai banyak orang, sehingga ide bisnis ini berpotensi menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga: Tips Sukses Meraup Cuan dari Jualan Seblak

3. Gandasturi

Gandasturi adalah jajanan khas Betawi yang sudah jarang dijumpai. Terkenal dengan rasa manis dan gurih dari perpaduan kacang hijau dan tepung. Tekstur gandasturi biasanya garing di luar dan lembut di dalam.

Camilan khas ini bisa kamu jadikan ide bisnis yang unik dan langka. Untuk memasarkannya, kamu bisa berjualan di sekitar perumahan, di dekat pasar, atau bahkan di dalam swalayan jika kamu memiliki modal lebih untuk menyewa tempat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com