Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung UMKM Lokal Berkembang Lewat Kampanye 'Home Living SALEbration'

Kompas.com - 06/06/2024, 15:44 WIB
Shinta Dwi Ayu,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sebagai marketplace yang menaungi 21 juta seller, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya memberi ruang untuk pelaku Usaha Makro Kecil dan Menengah (UMKM) terus berkembang lewat berbagai kampanye.

Salah satunya adalah kampanye 'Home Living SALEbration' untuk para seller yang terus digaungkan hingga kini.

"Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan berbagai kampanye agar pelaku usaha lokal bisa mendapatkan panggung yang tepat. Misalnya, di Tokopedia ada kampanye Home Living SALEbration untuk penjual produk kebutuhan rumah tangga dan dapur, termasuk tanaman hias hingga bibit tanama," ungkap Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam acara Talkshow Tokopedia dan ShopTokopedia, Malang Jawa Timur, Selasa (4/5/2024).

Baca juga: COD Gratis hingga Diskon 95 Persen, Tokopedia dan ShopTokopedia Hadirkan Promo Gila-gilaan pada Guncang 6.6

Kampanye lain yang terus digencarkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendukung perkembangan para UMKM lokal adalah 'Dilayani Tokopedia'.

'Dilayani Tokopedia' merupaka layanan atau fitur untuk pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menjangkau pasar di luar kota atau pulau dengan lebih mudah.

Melalui fitur 'Dilayani Tokopedia' kegiatan operasional para UMKM seperti, penerimaan barang, pengemasan, pengantaran ke kurir, dan penanganan kendala juga bisa dibantu atau dilayani oleh Tokopedia.

"Penjual di Malang, misalnya, bisa memasarkan produknya ke masyarakat di luar Jawa Timur bahkan antarpulau lewat 'Dilayani Tokopedia' yang salah satu gudangnya ada di wilayah Osowilangun,” tambah Rizky.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi dengan berbagai topik yang relevan, untuk mendukung para UMKM lebih berkembang dan bisa diakses melalui Tokopedia Pusat Edukasi Seller dan ShopTokopedia Academy.

Materi yang disajikan beragam, mulai dari cara menyusun strategi bisnis dengan lebih baik, pembuatan konten di TikTok, teknik penjualanan dan lainnya.

"Hal ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal mempersiapkan bisnis dengan lebih baik dan matang, serta dapat memaksimalkan penjualan,” ujar Rizqy.

Baca juga: Transfer Pengetahuan dari Merger TikTok Shop dan Tokopedia Bisa Percepat Digitalisasi UMKM

Tanduria menjadi salah satu contoh UMKM asal Malang yang rutin memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memasarkan produknya, sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga ketahanan pangan lewat urban farming.

Karena rutin mempromosikan produknya di kedua marketplace itu, Tanduria bisa meraih omzet ratusan juta rupiah per bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com