Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Kecil? Perhatikan 4 Hal Ini

Kompas.com - 04/08/2023, 11:51 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang ingin menjadi pengusaha, membangun bisnisnya sendiri. Masalahnya, tak banyak yang berani mewujudkannya.

Pasalnya, membangun bisnis memang tidak mudah. Bahkan, sebagian orang tak tahu apa yang harus dilakukan untuk memulainya, hingga selalu menundanya.

Untuk membangun bisnis, Anda harus benar-benar membuat perencanaan bisnis yang bisa dijalankan, agar usaha yang Anda bangun bisa bertahan dan berkembang

Baca juga: 3 Alasan Anda Harus Mulai Membangun Usaha Sendiri

Melansir The Balance, Toni Coleman Brown, pendiri Network for Women in Business mengatakan, tidak semua ide itu unik. Orang lain bisa memiliki ide yang sama. Orang yang mengambil Tindakan yang pada akhirnya akan menang.

“Oleh karena itu, segera setelah Anda mendapatkan ide, Anda harus menindaklanjutinya," tegas Brown.

Orang-orang menyebutkan banyak alasan mengapa mereka ingin memulai membangun bisnis, termasuk tidak menyukai pekerjaan mereka saat ini, membutuhkan saluran kreatif, atau hanya untuk memenuhi hasrat untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Terlepas dari apa yang memotivasi Anda, waktu dan alasan membangun bisnis harus jelas.

Berikut adalah beberapa langkah penting untuk menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk mewujudkan usaha bisnis Anda.

1. Lakukan Riset dan Temukan Target Audiens

Inti dari setiap ide hebat adalah siapa yang ingin Anda layani. Target audiens Anda terdiri dari orang-orang yang membutuhkan atau menginginkan produk atau layanan Anda, dan pada gilirannya, dapat membantu bisnis Anda menjadi sukses.

Penelitian telah menunjukkan, bahwa sebagian besar bisnis baru gagal. Salah satu alasannya, karena produk atau layanan tidak cocok untuk pasar yang dipilih.

Untuk mengetahui apakah ada pasar untuk bisnis Anda, adalah dengan melakukan riset. Menurut Small Business Administration (SBA), ada tiga kunci untuk menemukan kekuatan dan proposisi penjualan yang unik, dan pada akhirnya mengidentifikasi target pasar Anda, yakni:

- Melakukan riset pasar, seperti mengumpulkan data demografis tentang usia, populasi, dan kekayaan
- Menganalisis perilaku konsumen dan tren ekonomi
- Menguji Ide Anda pada Target Pasar -- Jika Anda memiliki ide bisnis, namun tidak yakin ide tersebut akan berhasil, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mengujinya.

Baca juga: 5 Tips Membangun Usaha bagi Pelaku UMKM Perempuan ala Rachel Vennya

2. Apakah Anda Memiliki Waktu, Energi, dan Sumber Daya?

Jika Anda siap meluncurkan bisnis, Anda harus memiliki waktu untuk mencurahkan perhatian, energi untuk melewati masa-masa sulit, sumber daya keuangan, dan jaringan yang akan mendukung usaha Anda.

Waktu dan Energi

Meskipun Anda mungkin ingin sekali memulai bisnis Anda, waktu adalah faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan, terutama yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga dan profesional Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com