Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kunci Penting dalam Berbisnis F&B

Kompas.com - 01/05/2024, 13:25 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membangun dan menjalankan bisnis F&B bukan suatu hal yang mudah. Industri F&B merupakan salah satu yang paling dinamis dengan persaingan yang ketat.

Industri F&B selalu dihadapkan oleh perubahan tren dan selera konsumen yang bergerak secara cepat. Namun, bisnis F&B merupakan bisnis yang paling menjanjikan, dikarenakan makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok setiap orang.

Baca juga: 4 Cara Menentukan Lokasi Bisnis F&B

Untuk menjalankan bisnis F&B, ada tiga kunci terpenting menurut Indah Koeswardani, seorang pebisnis dan importir alat olahraga (kesehatan), yang sekarang juga merambah menjalankan bisnis Taman Piknik Satria Mandala bersama tiga owner lain.

Taman Piknik Satria Mandala merupakan sebuah café, restoran, dan gerai UMKM. Mereka juga memberdayakan UMKM di bidang F&B sebagai tenannya.

Indah tidak mau Taman Piknik menjadi bisnis yang hanya viral sesaat, tetapi hilang dengan cepat. Mana dari itu ia menetapkan 3 kunci ini.

1. Rasa Makanan dan Minumannya yang Enak

Menurut Indah, kunci terpenting dalam bisnis F&B adalah pada rasanya. Orang akan selalu kembali kepada bisnis Anda karena makanan atau minuman Anda cocok dengan seleranya dan mereka tidak menemukannya selain di bisnis Anda.

Maka Indah selalu menjaga rasa makanannya dan juga ia selalu melakukan development terhadap menu-menu di Taman Piknik.

Ia tidak ingin orang datang ke Taman Piknik hanya sekedar foto-foto karena tempatnya yang estetik. Ia ingin orang-orang suka terhadap makanan dan minuman Taman Piknik Satria Mandala.

2. Pelayanan yang Terbaik

Selain makanan dan minuman yang enak. Pelayanan terbaik yang Anda berikan ke pelanggan juga merupakan kunci agar mereka kembali kepada Anda.

Pelayanan itu termasuk saat menerima tamu yang baru datang, melayani pertanyaan pelanggan, serta sampai kepada bagaimana Anda mengantarkan pesanan mereka.

Jika pelayanan tidak ramah pun, pelanggan Anda enggan untuk kembali ke bisnis Anda. Indah selalu mempertegas bahwa setiap karyawan Taman Piknik harus selalu ramah dan tersenyum kepada pelanggannya.

Baca juga: 3 Kunci Membangun Bisnis yang Sukses dan Berkelanjutan

3. Kebersihan Makanan maupun Tempat

Kebersihan harus dijaga, mulai dari makanannya, tempat atau restoran, hingga kepada toiletnya. Kebersihan itu juga merupakan hal yang krusial.

Pelanggan akan terus mengeluh dan bahkan bisa memberikan review yang jelek di media sosial jika ada salah satu hal dari bisnis Anda yang kotor atau jorok. Review itu tentu akan dilihat oleh semua orang di media sosial dan akan membuat mereka tidak mau pergi ke tempat Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com