Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Sukses Membangun Bisnis Sepatu

Kompas.com - 04/12/2023, 10:46 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Bisnis sepatu saat ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Hal ini karena hampir semua orang membutuhkan sepatu, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tak hanya itu, sekarang sportainment di Indonesia juga semakin marak, yang tentunya lebih membuka peluang bagi kamu untuk usaha sepatu di segmen sport.

Menariknya lagi, kini semakin banyak orang yang tertarik membeli produk sepatu lokal, buatan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia.

Baca juga: Jakarta Sneaker Day, Platform Sneaker yang Sudah Membawa Seribu Brand Lokal

Dimas Aditya selaku Head of Media & Strategist Jakarta Sneaker Day mengatakan, saat ini produk lokal mengalami perkembangan dari sisi kualitas, inovasi, storie brand, dan branding sehingga mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Bagi kamu yang berminat untuk memulai bisnis sepatu, simak 3 tips sukses membangun bisnis sepatu, agar sepatu buatanmu mampu bersaing dengan produk lain.

1. Original

Sebagai pelaku usaha yang membuat produk lokal, tentunya harus memiliki brand yang dibangun secara original.

Namun demikian, kamu bisa mencari inspirasi dengan melihat tren sepatu dari luar negeri, tanpa menjiplaknya mentah-mentah.

“Untuk brand lokal, yang pertama harus diingat yaitu originalitas. Pelaku usaha harus memiliki keberanian untuk berkonsep, sehingga bisa memacu dirinya sendiri untuk membuat produk yang bagus dan original dari konsepnya sendiri,” kata Dimas saat ditemui di tengah acara Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Baca juga: Hadirkan Model Baru, Sneakers Lokal Ventela Kolaborasi dengan Chicco Jerikho

Aerostreet, Brand Sepatu Lokal Di Stand JSD saat acara Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta pada Selasa (28/11/2023)Nur Wahyu Pratama Aerostreet, Brand Sepatu Lokal Di Stand JSD saat acara Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta pada Selasa (28/11/2023)

2. Perhatikan Build Quality

Selain original, sebagai pelaku usaha juga harus memerhatihan build quality sepatu yang kamu produksi, agar sepatumu diminati oleh konsumen dan mampu bersaing dengan produk luar negeri.

"Saat ini produk lokal secara kualitas mampu bersaing dengan brand luar, bahkan ada brand lokal yang kualitasnya lebih baik dibandingkan brand luar," ujar Dimas.

Baca juga: Tahun 2024, AI Diprediksi jadi Tulang Punggung Strategi Pemasaran Digital

Brand lokal di booth Jakarta Sneaker Day (JSD) saat acara Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta pada Selasa (28/11/2023)Nur Wahyu Pratama Brand lokal di booth Jakarta Sneaker Day (JSD) saat acara Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta pada Selasa (28/11/2023)

3. Bangun Netwroking dengan Stakeholders Lain

Sebagai upaya memperluas usaha sepatu, kamu harus memperluas juga relasi dengan stakeholder lain, sehingga bisa membuka peluang baru untuk bisnis sepatumu.

Relasi ini bisa dapatkan melalui kegiatan pameran dan bergabung dengan komunitas yang tersebar di internet.

Dengan memperluas networking, kamu bisa mendapatkan solusi untuk permasalahan dan kendala yang kamu hadapi dalam menjalankan bisnis sepatu ini. Kamu juga bisa mendapatkan informasi tren pasar.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha untuk Menjadi Sociopreneur

“Dari brand-nya juga harus berani untuk unjuk diri ke media, influencer, atau brand lain, sehingga akan menciptakan kolaborasi yang pada akhirnya kita bisa mempunyai market yang lebih luas lagi melalui kolaborasi tersebut,” tutup Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com