Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Memulai Bisnis Katering Rumahan, Cocok Buat Dicoba!

Kompas.com - 28/02/2024, 07:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.comBisnis katering adalah usaha yang menjanjikan di dunia kuliner. Hobi memasak nyatanya dapat menjadi peluang untuk menghasilkan uang.

Untuk kamu yang senang memasak, mencoba resep baru, dan memiliki taste palet yang lezat, kamu bisa mencoba bisnis katering. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat bisa sangat menguntungkan.

Bisnis katering juga tidak perlu pekerja yang banyak. Terlebih lagi jika kamu membuka bisnis Katerinb rumahan. Cukup beberapa orang saja untuk memasak, membungkus makanan, dan mengantarkannya.

Bisnis katering tepat untuk kamu yang ingin memulai bisnis dari skala kecil.
Berikut ini alasan yang menguntungkan kamu untuk memulai bisnis katering, seperti yang dilansir dari indeed.com,

Baca juga: 7 Tips Sukses Jalankan Bisnis Katering Ramadan

1. Mudah Berkembang

Meskipun memulainya dengan skala kecil, tetapi bisnis katering terbilang cukup mudah dikembangkan. Kamu bisa mulai dengan mempromosikan masakan kamu ke tetangga sekitar. Orderan yang sedikit bukan masalah untuk mulai menjalankan bisnis ini.

Perlahaan-lahan bisnis katering kamu akan menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan jumlah orderan lebih banyak. Promosi untuk bisnis makanan lebih sering dilakukan melalui rekomendasi pelanggan.

Terlebih lagi jika katering kamu cocok dengan selera pelanggan. Mereka yang sudah mencoba masakanmu dapat melakukan repeat order untuk acara selanjutnya.

2. Risiko Rendah

Untuk memulai bisnis katering, kamu tidak perlu menyewa gedung atau restoran. Kamu bisa memanfaatkan dapur rumah dengan modal yang rendah.

Ini dapat menghindari risiko kerugian apabila bisnis katering kamu belum memberikan hasil penjualan yang besar.

Kamu juga tidak rugi akan bahan baku. Biasanya bisnis katering akan membeli bahan baku sesuai dengan jumlah pesanan pada hati itu dan akan habis dalam sekali produksi.

Kamu tidak perlu khawatir banyak bahan baku yang basi karena terlanjur stock dengan jumlah berlebih.

Baca juga: 5 Tips Optimalkan Peluang Bisnis Katering Rumahan

3. Fleksibilitas

Kamu bisa membuat menu paket atau menu andalan untuk ditawarkan. Selain itu, kamu juga berkreasi untuk mix and match menu masakan.

Dengan bisnis katering, kamu bisa lebih leluasa mencoba hidangan yang bervariasi sampai menemukan menu paling laris di bisnis katering kamu.

4. Timeless

Usaha kuliner tidak akan tergerus waktu. Jualan makanan akan selalu dicari orang-orang.

Meskipun ada makanan yang bersifat musiman, namun kamu bisa mengatasinya dengan terus up to date dan mempertahankan kualitas masakan kamu. Salah satu caranya kamu bisa mengikuti trend hidangan yang sedang digemari masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com