Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Bisnis Ini Laris Manis Menjelang Hari Raya Nyepi, Tertarik?

Kompas.com - 04/03/2024, 09:30 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber koinworks

KOMPAS.com – Bagi umat Hindu, Hari Raya Nyepi dimaknai sebagai hari untuk memanjatkan rasa syukur dan melakukan permohonan dengan cara berhenti beraktivitas.

Biasanya mereka yang merayakan Hari Raya Nyepi tidak keluar dari rumah selama satu hari. Itulah mengapa jalanan di Bali menjadi sepi pada hari itu.

Tentunya menjelang Nyepi, beberapa orang akan membeli persiapan seperti dupa, stok bahan makanan, hingga material patung ogoh-ogoh.

Jadi meskipun saat hari H nyepi orang-orang diam di rumah, tapi hari sebelumnya mereka belanja banyak keperluan. Pastinya kalau kamu berjualan kebutuhan Nyepi dijamin bisa laku keras.

Sebentar lagi Hari Raya Nyepi pada tanggal 11-12 Maret 2024. Dengan ide bisnis ini bisa bikin kamu cuan menjelang Hari Raya Nyepi, seperti yang dilansir dari koinworks.com


Baca juga: Gelar Pesta Kesenian Bali, Penjualan UMKM Kuliner Capai Rp 1 Miliar dalam 2 Minggu

1. Dupa

Nyepi tidak lengkap tanpa Dupa karena alat ini digunakan untuk upacara keagamaan. Saat Hari Raya Nyepi dan Imlek, permintaan akan produksi dupa meningkat.

Oleh karena itu menjual dupa saat menjelang Nyepi termasuk bisnis yang menguntungkan. Harga dupa ditentukan berdasarkan ukuran, jenis, dan aroma.

Semakin bagus kualitasnya, harga jualnya juga semakin tinggi. Oleh karena itu kalau ingin untung lebih banyak, jual dupa dengan kualitas terbaik, ya!

2. Stok bahan makanan

Biasanya saat Hari Raya Nyepi, toko dan warung di sekitar juga ikut tutup. Hal ini juga sebagai bentuk toleransi.

Oleh karena itu, banyak orang yang membeli stock makanan sebelum Hari Raya Nyepi. Tujuannya tentu saja agar memudahkan mereka saat tidak keluar rumah.

Maka dari itu kamu bisa berjualan bahan makanan sebelum hari H pelaksanaan Nyepi. Misalnya menjual frozen food, sembako, hingga bumbu masakan.

Baca juga: KTT G20 di Bali, Sejumlah Pelaku UMKM di Bali Alami Peningkatan Omzet

3. Material patung ogoh-ogoh

Malam sebelum Hari Raya Nyepi tidak akan terlewati tanpa pawai ogoh-ogoh. Patung raksasa ini biasanya dibuat sendiri oleh masyarakat Pulau Dewata. Ada dua ide bisnis dari tradisi ogoh-ogoh.

Pertama, kamu bisa menjadi pembuat patung ogoh-ogoh. Namun perlu diingat bisnis ini membutuhkan keterampilan, karena patung yang kamu buat untuk perayaan keagamaan. Tidak bisa sembarangan dan butuh waktu yang lama.

Kedua, kamu bisa coba ide bisnis yang lebih mudah yaitu menyediakan material patung ogoh-ogoh. Dalam pembuatannya, patung ini menghabiskan banyak alat dan bahan material untuk menghasilkan ogoh-ogoh yang besar. Kamu bisa menjual cat, kuas, bahkan kain yang memang digunakan untuk pembuatan patung ogoh-ogoh.

Jadi, ide bisnis apa yang paling membuatmu tertarik? Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com