Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bisnis Memerlukan Laporan Akuntansi? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 25/05/2024, 11:02 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis kecil atau menengah, seringkali mengabaikan laporan keuangan atau akuntansi bisnisnya. Biasanya, karena mereka belum paham bahwa laporan akuntansi sangat penting dalam keberlanjutan bisnis.

Padahal, laporan akuntansi tidak harus dibuat kompleks. Anda bisa membuat laporan keuangan yang sederhana, terpenting semua data seperti pengeluaran dan pemasukan tercatat.

Laporan akuntansi dibuat untuk memahami kesehatan keuangan bisnis Anda. Memiliki laporan akuntansi yang mudah dipahami bermanfaat untuk memastikan Anda selalu mengetahui kondisi keuangan terkini bisnis Anda.

Baca juga: Kewalahan Mengelola Keuangan Bisnis? Pertimbangkan Pakai Software Akuntansi

Laporan-laporan ini, digunakan oleh manajemen dalam sebuah bisnis untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang terjadi di berbagai segmen bisnis dan membuat keputusan mengenai operasinya, seperti bagaimana menghasilkan pendapatan dan meningkatkan keuntungan.

Berikut ini empat alasan mengapa bisnis memerlukan laporan akuntansi;

1. Panduan Evaluasi Bisnis

Laporan akuntansi, terdiri dari laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Laporan ini  memberikan gambaran lengkap mengenai kinerja keuangan bisnis.

Semua yang tercatat dalam keuangan bisnis merupakan transaksi yang terjadi dari suatu waktu ke waktu lain.

Laporan akuntansi dapat menjadi penduan untuk mengevaluasi sektor mana yang kurang baik, agar segera dapat diberbaiki.

Evaluasi yang dilakukan akan mempercepat perkembangan bisnis dan mencapai tujuan bisnis.

2. Panduan Pengambilan Keputusan Bisnis

Keputusan bisnis yang tepat membutuhkan data akurat dan relevan. Laporan akuntansi menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan strategis, seperti perluasan usaha, investasi, atau pemotongan biaya.

Dengan data akuntansi yang valid, manajemen dapat mengevaluasi berbagai opsi dan memilih yang paling menguntungkan bagi perusahaan.

Laporan akuntansi juga akan memudahkan owner mengambil langkah baru dengan dasar pertimbangan yang ada pada laporan tersebut.

Baca juga: 6 Cara Efektif Mengelola Keuangan Bisnis

3. Panduan Meningkatkan Keuntungan

Laporan akuntansi berperan penting dalam pengendalian keuangan, dengan menyediakan data yang diperlukan untuk memonitor pengeluaran, mengelola utang, hingga meningkatkan keuntungan.

Laporan akuntasi juga digunakan untuk merencanakan keuangan dalam jangka panjang, termasuk perencanaan pajak dan strategi pertumbuhan bisnis.

Perencanaan keuangan akan mengatur biaya apa yang perlu dipangkas atau pengeluaran apa yang berlebihan, dengan tujuan meningkatkan profit bisnis.

Dengan perencanaan keuangan yang baik, bisnis juga dapat terhindar dari masalah keuangan atau kerugian yang tidak diinginkan di masa depan.

4. Transparasi Keuangan Bisnis

Laporan akuntansi bisnis akan menimbulkan transparasi keuangan. Dengan menyajikan laporan keuangan yang terbuka dan jujur, kepercayaan terhadap berbagai pemangku kepentingan, seperti karyawan, pelanggan, pemasok, dan masyarakat luas akan tercipta.

Transparansi ini penting untuk menjaga reputasi perusahaan dan membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan semua pihak.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Sebuah Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com