Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Kosmetik Punya Peluang yang Menjanjikan, Simak Alasannya

Kompas.com - 15/06/2024, 09:27 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Industri kosmetik adalah salah satu sektor bisnis yang terus mengalami pertumbuhan pesat.

Dari produk perawatan kulit, seperti skincare, bodycare, hingga make-up, telah menjadi kebutuhan tetap konsumen.

Hal itu membuat peluang cuan bisnis kosmetik sangat tinggi dan menjanjikan. Jika Anda ingin memulai suatu bisnis, tetapi belum mempunyai opsi, Anda bisa mempertimbangkan bisnis kosmetik.

Baca juga: 3 Alasan Anda Bisa Membuka Usaha Pembuatan Boneka

Seperti Aji Setiawan (22) yang membangun bisnis kosmetiknya yaitu Asskin, saat ia masih duduk di bangku SMA.

Beranjak menjadi mahasiswa, Aji memutuskan untuk terus melanjutkan bisnisnya, karena menurutnya bisnis kosmetik mempunyai peluang yang sangat baik.

Menurutnya ada beberapa alasan yang membuat bisnis kosmetik memiliki peluang yang begitu menjanjikan. Simak penjelasannya.

1. Tidak Tergerus dengan Zaman

Aji mengatakan, produk skincare, bodycare, hingga make up tidak akan tergerus oleh zaman ketimbang produk fesyen seperti tas atau baju, apalagi makanan. Menurut Aji, orang lebih mudah bosan dengan makanan-makanan viral.

Seiring berjalannya waktu, makanan viral akan hilang, sehingga akan semakin sedikit yang membeli dan kemudia menyebabkan berhenti produksi. Sedangkan dari skincare hingga make up akan terus ada, karena selalu adanya permintaan di pasar.

2. Kosmetik Bisa Mengikuti Inovasi

Produk kosmetik juga selalu berinovasi, sama seperti kuliner, fesyen, atau industri lainnya. Contohnya, beberapa tahun lalu minuman boba menjadi tren. Banyak produk kosmetik yang menggunakan packaging boba, bahkan terinspirasi menggunakan warna minuman boba untuk warnanya (shade product).

Selain warna, kandungan yang ada dalam produk-produk skincare juga bisa terus berinovasi.

Beberapa waktu lalu kandungan Niacinamide atau AHA BHA sangat ramai, sehingga semua bisnis kosmetik pun mengeluarkan produk skincare dengan kandungan bahan tersebut.

Baca juga: Kisah Aji Setiawan, Bangun Bisnis Kosmetik Sejak Bangku Kuliah

3. Selalu Ada Repeat Order

Skincare, bodycare, hingga make up merupakan kebutuhan yang produknya dipakai setiap hari. Untuk pergi ke luar rumah, ke kampus, ke kantor, sebagian besar perempuan menggunakan make up.

Di samping make up, mereka juga membutuhkan skincare cleansing (pembersih) untuk menghapusnya. Jika produk pembersih habis, mereka pasti akan membelinya lagi.

Apalagi, jika merasa cocok dengan produk kosmetik Anda, mereka akan selalu membeli produk bisnis Anda, karena belum tentu cocok jika membeli produk lain.

4. Pasar Global Terbuka Lebar

Kebanyakan target pasar bisnis kosmetik adalah Perempuan. Tidak terbatas perempuan Indonesia, tapi juga bisa menjangkau perempuan di berbagai negara lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com