Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roti Kopi Sukses Buka Jaringan di UEA, SImak Strateginya

Kompas.com - 02/12/2023, 08:30 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjalankan bisnis di luar negeri memang menuntut strategi yang tepat. Tak sekedar harus memahami karakteristik konsumen, namun juga memiliki perencanaan bisnis yang matang.

Salah satu pelaku usaha dari Indonesia yang berhasil masuk ke Uni Emirat Arab (UEA) adalah Roti Kopi, sebuah jaringan ritel yang menyediakan makanan dan minuman khas Timur Tengah.

Chief Executive Officer (CEO) Roti Ropi Ahmad Reza menuturkan, bisnis Roti Kopi masuk ke Dubai dengan strategi yang unik.

“Kami masuk ke UEA tidak langsung ke Dubai, tapi masuk dari daerah pinggir Dubai, seperti kota Sharjah, Umm Al Quwain, dan rencana masuk Dubai di Februari tahun 2024. Kami menargetkan membuka lima outlet pada bulan Maret 2024 mendatang,” lanjut Reza.

Dalam menjalankan usahanya, Roti Kopi hanya menemui satu pesaing, yakni pebisnis yang berasal dari Malaysia dan sudah memiliki 60 outlet di Dubai.

Keberhasilan melakukan ekspansi bisnis tersebut mendorong Roti Kopi membuka cabang di negara lain yakni di Palestina. Beberapa kota yang diincar di antaranya Hebron, Ramla, Kafr Qasim, dan lainnya.

"Sudah ada mitra yang tertarik untuk buka di Palestina,” jelas Reza.

Atas keberhasilan tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi Roti Kopi. Erick mengatakan bahwa UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar global.

"Ketemu UMKM dari Indonesia yang akan buka cabang di Dubai. Ga tanggung-tanggung, buka lima cabang sekaligus di sini. Kita buktikan UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar global," kata Erick Thohir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com