Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Strategi Marketing Ampuh untuk Pemula dan Bisnis Ritel

Kompas.com - 29/08/2023, 08:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Anda sedang mengembangkan bisnis ritel tapi belum paham soal tentang strategi marketingnya?

Sebenarnya, ritel merupakan nama lain dari bisnis eceran yang umumnya dijalankan langsung. Meskipun begitu, bagi pemula hal ini tentu bukan hal yang mudah, terutama bagi mereka yang baru mulai belajar.

Meski sering dipandang sebelah mata, tapi keuntungan bisnis ini terbilang besar, apalagi jika sudah punya pelanggan tetap. Dengan mengatur strategi yang tepat maka menjalankan bisnis akan lebih mudah, sebab tujuan yang akan dicapai sudah jelas.

Menjalankan bisnis tentu harus diimbangi dengan strategi yang tepat, terutama bagi pemula dalam bisnis ritel. Dilansir dari Cermati.com, berikut strategi yang dapat coba diterapkan:

1. Membangun Image

Strategi pertama yang menjadi kunci untuk memulai bisnis ini adalah dengan membangun image bisnis yang besar, baik pada diri sendiri maupun konsumen. Sebagai retailer penting untuk memberikan gambaran pada konsumen jika bisnis yang dijalankan ini sangat cocok untuk mereka.

Berikan penawaran produk dengan kualitas baik yang mampu mendukung keberlangsungan bisnis, sekaligus menarik para konsumen. Gunakan langkah terbaik dalam membangun image agar konsumen percaya dan yakin dengan bisnis milik Anda.

2. Tingkatkan Promosi Media Sosial Secara Optimal

Strategi selanjutnya ini bisa dibilang sudah banyak digunakan pelaku bisnis lainnya dalam menawarkan produknya, dan terbukti berhasil. Tentunya tidak akan ada yang tahu jika produk Anda berkualitas tanpa adanya promosi. Nah, media sosial bisa menjadi wadah yang tepat untuk melakukan langkah promosi tersebut.

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi wadah untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan konsumen. Bukan hanya audiens yang ditargetkan saja, media sosial bahkan mampu menjangkau konsumen dari masa saja.

3. Tingkatkan Wawasan Bisnis

Masuk dalam dunia bisnis, Anda harus punya pengetahuan yang memadai terkait usaha yang dikembangkan. Karena tanpa itu, peluang suksesnya akan sangat minim sekali.

Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi yang juga berimbas pada bisnis, pelaku usaha dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan. Dengan memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih dalam bisnis, maka akan meningkatkan daya saingnya.

Ada begitu banyak bisnis ritel kurang berkembang bahkan bangkrut dikarenakan kurangnya wawasan. Terutama dalam hal pemahaman produk dan pemasarannya. Agar bisnis yang dikembangkan bisa mengikuti perkembangan zaman, maka jangan takut untuk belajar hal baru dan menambah wawasan.

4. Menonjolkan Daya Tarik Produk Bisnis Ritel

Sebagaimana bisnis yang lain, daya pikat produk menjadi kunci utama mengembangkan strategi pemasaran. Untuk itu, Anda harus tahu dimana letak daya pikat atau nilai jual produk bisnis agar lebih mudah dalam memasarkannya.

Misalnya saja dari segi manfaat, fitur yang dimiliki dan keunggulan lainnya. Dengan menonjolkan nilai jual atau keunggulan produk secara menarik, ini akan membuat konsumen tahu value dari produk tersebut, sehingga nantinya akan mendorong para konsumen untuk segera membeli atau tidak.

Maka dari itu, temukan keunikan tersendiri yang membuat produk ritel Anda berbeda dari yang lain. Agar semakin banyak orang tertarik untuk mengenal dan kemudian membelinya.

5. Buka Toko Online

Peluang besar yang ditawarkan marketplace bisa jadi pilihan yang menarik untuk memasarkan produk ritel bisnis Anda. Mulailah dengan membuat toko online Anda sendiri dan bergabung dengan marketplace.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com