Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Strategi Bisnis yang Perlu Disiapkan Jelang Momen Akhir Tahun

Kompas.com - 23/11/2023, 12:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen menjelang akhir tahun merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pada momen ini, biasanya terjadi peningkatan permintaan terhadap berbagai macam produk maupun jasa.

Peningkatan permintaan terjadi sebab masyarakat biasanya memiliki lebih banyak waktu untuk berbelanja dan merayakan momen akhir tahun.

Namun, di sisi lain, persaingan juga semakin ketat. Banyak pelaku UMKM yang berlomba-lomba untuk menarik minat konsumen.

Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu melakukan berbagai strategi bisnis untuk tetap kompetitif pada momen menjelang akhir tahun dan juga untuk menyambut tahun baru 2024.

Simak enam strategi bisnis yang harus kamu lakukan agar bisnis kamu tetap bisa bersaing di momen menuju akhir tahun.

1. Menawarkan Produk atau Jasa yang Sesuai Kebutuhan Konsumen

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen pada momen menjelang akhir tahun.

Baca juga: 3 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Omzet, Salah Satunya Upselling

Konsumen biasanya membutuhkan produk atau jasa yang dapat digunakan untuk merayakan momen akhir tahun, seperti produk fesyen, makanan dan minuman, atau jasa hiburan. Oleh karena itu, kamu perlu menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

2. Meningkatkan Kualitas Produk ataupun Jasa

Kualitas produk atau jasa dalam bisnis yang kamu jalankan merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan dalam persaingan bisnis.

Sebagai pelaku UMKM, kamu perlu meningkatkan kualitas produk atau jasa yang kamu hadirkan, agar dapat bersaing dengan pelaku UMKM lainnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas, menerapkan teknik produksi yang tepat, dan melakukan kontrol kualitas secara berkala.

3. Melakukan promosi

Promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk atau jasa yang kamu pasarkan.

Baca juga: FOMO Marketing untuk UMKM: Pengertian, Tujuan dan Strategi yang Bisa Ditiru

Meski pada momen jelang akhir tahun, kamu perlu melakukan promosi yang efektif, agar dapat menarik minat konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media promosi, seperti media sosial, iklan, atau word of mouth.

4. Melakukan Evaluasi Bisnis

Melakukan peninjauan atau evaluasi terhadap bisnismu bukanlah hal yang sepele, meskipun kamu menjalani bisnis kecil.

Dengan melakukan ini, kamu bisa mengukur sejauh apa kinerja bisnis dan pra karyawan. Data yang telah kamu peroleh dari evaluasi dapat kamu gunakan untuk pemetaan rencana bisnis di tahun yang baru.

5. Buat Persiapan Bisnis di Tahun Baru

Sebagai pemilik usaha, penting juga bagi kamu untuk bisa membuat urusan bisnismu teratur dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com