Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bisnis yang Bisa Dicoba Anak Kos agar Banyak Cuan

Kompas.com - 08/03/2024, 11:19 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia anak kos adalah lingkungan dinamis, karena mereka adalah golongan yang ingin mengejar pencapaian akademis serta karir.

Meskipun demikian, mereka kerap akan memutar otak untuk dapat menambah uang jajannya. Bagi mereka yang kreatif dan berjiwa wirausaha, mereka akan membuka bisnis kecil-kecilan yang nyatanya memiliki peluang besar.

Baca juga: 8 Keuntungan Usaha Kos di Lokasi yang Strategis

Terdapat berbagai peluang bisnis yang dapat dijajaki dalam area ini. Berikut adalah beberapa ide bisnis anak kos yang memiliki potensi untuk meraih banyak cuan:

1. Jasa antar jemput (Anjem)

Jasa antar jemput akan sangat berguna bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan dan mencari alternatif lain untuk biaya yang murah. Jasa anter jemput akan memiliki harga yang jauh lebih murah dari aplikasi ojek online.

Di daerah selain ibu kota transportasi umum belum menjangkau semua tempat yang ingin dituju. Hal tersebut akan membuat anak kos memilih jasa Anda.

Mereka akan sangat membutuhkan Anda untuk pergi ke kampus, mendatangi rapat, dan lain-lain. Jika Anda mempunyai kendaraan pribadi dan ingin menambah uang jajan, Anda dapat mencoba bisnis ini.

Bisnis ini akan sangat membantu Anda menambah uang jajan Anda. Bisnis ini juga fleksibel, Anda dapat memilih waktu senggang Anda untuk menerima penumpang.

2. Jasa titip

Jasa titip adalah jasa yang membelikan barang, dapat berupa makanan, alat rumah tangga, atau lainnya untuk diantar ke tempat tujuan si pemesan. Bagi mereka yang tidak punya motor atau malas untuk keluar kos, mereka adalah target Anda.

Memesan dengan jasa kirim yang resmi sangat memakan biaya yang mahal. Pastikan Anda menentukan harga yang jauh di bawah jasa kirim tersebut, namun tetap menguntungkan Anda.

Jika Anda rutin menerima titipan mereka, uang jajan Anda dapat bertambah melalui pendapatan ini. Jasa ini juga fleksibel, Anda dapat melakukannya saat Anda senggang.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Cocok untuk Mahasiswa

3. Bisnis Katering

Salah satu problem anak kos adalah mereka bingung memilih menu makanan atau mereka malas untuk keluar membeli makanan. Hal ini dapat Anda jadikan ladang bisnis yang menjanjikan.

Bisnis katering akan dipilih oleh mereka yang tidak bisa atau malas memasak, malas untuk berpikir tentang menu makanannya, serta mereka yang tidak memiliki dapur di kosnya. Anda akan meraup untung yang besar dari bisnis ini.

Pastikan Anda membuka katering dengan varian yang berbeda tiap harinya agar mereka tidak bosan. Anda dapat menambahkan buah dan dessert seperti puding atau kue untuk makanan penutupnya.

4. Bisnis Meal Prep

Bagi mereka yang menyukai memasak, mereka akan tertarik dengan meal prep yang ditawarkan. Meal prep adalah bahan masakan yang telah disiapkan dan dirapihkan sedemikian rupa dengan tujuan memudahkan orang untuk memasak.

Jadi, mereka akan tinggal memasak sesuai meal prep yang disediakan. Hal ini akan sangat praktis bagi mereka yang malas untuk berpergian ke pasar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com