Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jastip Lewat Live Streaming Warnai Little Bangkok Tanah Abang

Kompas.com - 22/03/2024, 13:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini tren jasa titip (jastip) sedang bersebaran di berbagai media sosial. Banyak orang yang memilih jastip karena lebih menghemat waktu dan tenaga. Pembeli cukup menitip pada pelaku jastip dan tidak perlu mengantri panjang untuk membeli sesuatu yang sedang viral.

Akhir-akhir ini jastip selalu dibarengi dengan kegiatan live streaming. Baik itu live TikTok maupun live Instagram. Hal ini bertujuan agar calon pembeli bisa melihat langsung secara lebih nyata produk yang ditawarkan.

Selain lebih menarik, live streaming jastip juga lebih efisien untuk dilakukan oleh para pelaku usaha. Pasalnya, mereka tidak perlu foto produk satu persatu dan mengunggahnya di media sosial. Cukup dengan sekali live streaming saja dapat menampilkan semua produk yang ada.

Kehadiran Little Bangkok di Tanah Abang ternyata tidak hanya memajukan bisnis industri fesyen tetapi juga menjadi peluang bagi para pelaku jastip. Mereka dapat melakukan live streaming di toko-toko yang ada.

Baca juga: 3 Ide Bisnis Fesyen Jelang Lebaran di Little Bangkok Tanah Abang

Salah satunya Addiction Wear yang banyak kedatangan pelaku jastip untuk live streaming di toko. Owner Addiction Wear, Steffanie (30) mengatakan semenjak Little Bangkok dibuka, setiap hari ada saja yang datang ke tokonya untuk berjualan live streaming.

"Banyak banget. Setiap hari pasti ada saja yang datang untuk jastip dan live streaming di sini," ungkap Steffanie saat diwawancara oleh Kompas.com pada Senin (18/03/2024).

Menyediakan tempat yang mendukung

Selain itu, Addiction Wear juga menyediakan tempat untuk mereka yang ingin live streaming di toko. Selain menata display pakaian dengan rapi, Addiction Wear juga menyediakan tempat kosong di depan jajaran baju agar pada saat live streaming lebih leluasa untuk bergerak dan menampilkan pilihan baju.

"Kita juga menyediakan tempat, mereka yang open jastip bisa langsung live streaming di sini. Jadi mereka bisa langsung interaksi sama pembeli mereka secara online," papar perempuan asal Jakarta itu.

Tidak hanya menyiapkan tempat, Steffanie juga menata tata letak tokonya dengan interior yang senada. Secara offline ini akan menarik perhatian pembeli yang datang.

Namun secara online, hal ini bertujuan agar para pelaku jastip bisa live streaming dengan background yang lebih proper dan terlihat profesional.

Steffanie menggunakan warna yang dominan emas, putih, dan coklat. Selain itu dia juga menyediakan kaca besar dengan model bergelombang untuk mempercantik tokonya.

"Iya kami juga perhatikan tata letaknya, jadi background nya itu sudah bagus karena di-setting. Jadi mereka yang mau live streaming di sini tinggal datang saja semuanya sudah ready," ujar Steffanie.

Bahkan pencahayaan di toko Addiction Wear juga sudah diperhitungkan. Tentunya saat live streaming membutuhkan pasokan cahaya yang cukup terang.

Karena baju yang ditampilkan di kamera akan terlihat lebih jelas jika pencahayaan di ruangan tersebut mencukupi. Bagaimanapun juga, tujuan live streaming ini adalah untuk menampilkan produk lebih detail kepada calon pembeli.

Baca juga: Cerita Hendrik Jual Pakaian Anak di Little Bangkok, Omzet hingga Belasan Juta Sehari

"Selain tempat dan background yang mendukung, kami juga sudah persiapkan cahaya lampu di sini. Jadi meskipun di dalam ruangan itu tetap terlihat terang di kamera," kata Steffanie.

Addiction Wear menggunakan kombinasi lampu putih dan kuning untuk membuat kesan ruangan lebih hangat. Hal ini juga mendukung display pakaian sehingga terlihat lebih elegan.

Sistem pengambilan

Steffanie mengerti kalau kegiatan jastip juga membutuhkan waktu untuk pendataan orderan. Oleh karena itu dia memperbolehkan para pelaku jastip untuk live streaming di pagi hari, kemudian mereka kembali lagi untuk mengambil barang pesanan di sore harinya.

"Jadi sistemnya itu biasanya mereka datang pagi-pagi untuk live streaming di sini. Kemudian setelah selesai di-list apa saja orderannya, mereka datang kembali menjelang sore untuk ambil barang pesanannya," lanjut Steffanie.

Kegiatan live streaming ini tetap memberikan keuntungan untuk Addiction Wear. Selain meningkatkan penjualan baik itu melalui grosir dan eceran, melalui live streaming juga akan meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk-produk dari Addiction Wear.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com