Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pepper Secret, Produk Wewangian dari Lada Belitung

Kompas.com - 06/01/2023, 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aroma terapi atau parfum dengan bahan dasar bunga dan buah mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika bahan dasarnya dari rempah seperti lada?

Pepper Secret, sebuah usaha asal Jakarta, hadir dengan inovasinya, yaitu produk wewangian berbahan dasar biji lada lokal. Usaha ini sudah mulai dirintis sejak 2015.

Sales Marketing Pepper Secret, Adelia Putri mengungkap, bahwa produk-produk mereka memiliki bahan dasar lada yang secara khusus diambil dari daerah Bangka Belitung, Indonesia.

Baca juga: Lada Asal Sambas Ikut Pameran di Sarawak

"Produk kita semuanya itu basic ingredientnya dari lada, makanya kita namakan Pepper Secret. Kita utamanya mengambil lada dari daerah Belitung," ujar Adelia saat ditemui dalam acara UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis (15/12/2022).

Lada dari Belitung cukup dikenal sebagai kekayaan alam Indonesia. Namun, pemanfaatannya masih belum terlalu terlihat. Itulah yang menjadi dasar lahirnya Pepper Secret.

"Lada Belitung itu kan memang terkenal ya, tapi entah kenapa masih jarang digunakan. Sehingga kita kerja sama dengan petani lokal di sana untuk dijadikan produk kreatif baru, salah satunya lewat produk aroma terapi," ungkap Adelia.

Produk aroma terapi yang disediakan Pepper Secret pun ada beberapa jenis, mulai dari essential oil, muscle oil, muscle balm, parfum, diffuser, hingga sabun.

Meski bahan baku lada diambil langsung dari Belitung, sampai saat ini pusat produksi Pepper Secret masih berada di Jakarta. 

Adelia mengatakan, sebenarnya Pepper Secret juga sudah berencana untuk membangun perkebunan lada beserta rumah produksi langsung di daerah Belitung.

"Kita punya master plan, tapi masih dalam tahap pembangunan. Makanya, untuk saat ini kita masih melakukan semuanya di Jakarta, sebelum nantinya dipindahkan semuanya ke sana (Belitung)," jelas Adelia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.