Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Ibunya yang Sakit, Kakak Beradik Ini Ciptakan Sepatu Unik

Kompas.com - 02/05/2023, 18:03 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Local People Crew merupakan merek sepatu lokal dengan model unisex yang terbuat dari bahan-bahan yang unik. Usaha sepatu ini dimulai sejak bulan Februari tahun 2023.

Sebagai content creator, Eren (26) awalnya tak memiliki keahlian dalam bidang sepatu karena sebelumnya bekerja. Setelah memiliki modal dan teman memberikan usul untuk usaha sepatu karena bekerja di pabrik sepatu.

Akhirnya Eren tertarik dan mulai belajar bersama sang teman, mulai dari membuat upper sepatu, memasang sol, menjahit sampai strategi pemasaran.

Akan tetapi, usaha yang dijalani tidaklah mudah. Selama siaran langsung di Platform TikTok untuk memasarkan produknya, jumlah penonton hanya sedikit. Hal ini diketahui oleh sang adik.

Baca juga: Keewa, Bisnis Sepatu Kulit asal Yogya yang Menembus Pasar Luar Negeri

Adiknya bernama Rivan (13), akhirnya membantu dan saat melakukan siaran langsung berhasil menarik perhatian penonton sebanyak 500 orang.

Namun, setelahnya akun TikTok @sipalinglokal terkena pelanggaran, tetapi mereka tak menyerah dan tetap semangat serta membuat konten.

Rivan sendiri memberikan request untuk mencoba dari bahan-bahan plastik pada Eren. Rivan memilih plastik karena bahan unik dan keren. Selaman plastik juga menggunakan karung goni.

Eren menyetujui dan akhirnya bahan dibuat dan ditempel lalu dijahit, pola sesuai karena dibuat oleh pemilik pabrik sepatu. Ia menggunakan sepatu dari teman yang bekerja di pabrik sepatu, jadi Eren mensupport.

Baca juga: 7 Cara Sukses Merintis Bisnis Sepatu

Rivan sendiri tak keberatan membantu.

“Bosan kalau main terus di luar panas-panasan mending ikut abang membuat sepatu, dapat uang buat jajan dan membantu mama yang lagi sakit,” kata Rivan dalam Podcast Kode di KompasTV, Minggu (30/4/23).

“Ingin bantu aja karena mencari uang susah dan mama bisa istirahat,” tambah Rivan.

“Mama sakit saraf kejepit dan ayah bekerja serabutan. Awalnya mama berjualan baju di toko tapi sekarang udah nggak kuat, jadi di rumah,” ujar Eren.

Untuk kedepannya, Eren dan Rivan ingin memiliki pabrik sepatu sendiri. Tak hanya itu, mereka juga berharap sang mama sembuh dan bisa beraktivitas lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com